About

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Budaya

Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) adalah komunitas wayang online yang merupakan paguyuban yang bersandarkan atas kecintaannya terhadap budaya nasional, khususnya wayang.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa UNESCO telah memberikan sertifikat kepada 3 Warisan budaya Indonesia  yaitu batik, keris dan wayang. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya tak benda. Pada 25 September 2005, UNESCO mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Pada 7 November 2003 UNESCO juga memberikan pengakuan serupa pada wayang.

Dunia telah mengakuinya, sungguh keterlaluan bila kita selaku warga negara Indonesia mengabaikannya.

Namun pada kenyataannya, sungguh jarang kita dapat menikmati, berdiskusi, mempelajari terkait dengan budaya wayang. Dunia media massa kita dipenuhi oleh hiburan yang benar-benar konsumtif dan hanya bersenang-senang. Karena seperti itulah yang laku dijual dan cepat menghasilkan.

Sementara oleh banyak kalangan, budaya wayang dianggap sebagai sesuatu yang sudah tidak layak untuk ditampilkan. Sudah ketinggalan jaman, jadoel katanya.

Mungkin itu adalah kesalahan kita sendiri yang seakan tidak peduli terhadap apa yang kita miliki.

Sebelum terlambat, sebelum budaya wayang hilang dari bumi pertiwi, sebelum generasi anak turun kita mencari referensi wayang di negri jiran, sebelum kata sesal tidak dapat mengembalikan semuanya, maka marilah kita memberikan perhatian semampu kita. Kontribusi dari masing-masing individu akan menjadi dorongan dahsyat bagi lestari dan berkembangnya budaya adi luhung ini. Kepedulian kita akan menjadi tameng dan sekaligus filter terhadap budaya luar yang menyerbu negri ini.

Era kini adalah era globalisasi. Dunia telah masuk dan menyesaki hanya dalam satu layar. Pagelaran wayang semalaman oleh sang dalang kondang (jaman dulu), tiba-tiba dapat kita nikmati sambil leyeh-leyeh setelah tombol mp3-player di ON kan. Pertunjukan wayang off air rekaman dalang favorit, dapat disaksikan di layar monitor atau laptop online.

Marilah kita manfaatkan kemajuan iptek jaman sekarang ini dengan saling berbagi dan saling peduli untuk kelestarian dan tumbuh kembangnya budaya negri sendiri. Sudah banyak cerdik pandai yang mewanti-wanti bahwa begitu banyak “nilai” dan manfaat yang akan kita peroleh bila kita bisa “menikmati” budaya wayang ini.

Mendengar, melihat, membaca, merenung, mempelajari tidak ada salahnya kita lakukan untuk sekedar berkontribusi. Berbagi ataupun sekedar menikmati, akan menjadi sangat berarti.

Semoga yang kita lakukan bersama ini merupakan wujud kontribusi kita terhadap kemajuan negri tercinta. Walau hanya sedikit, semoga blog ini dapat bermanfaat.

Terima kasih, Matur nuwun, Hatur Nuhun.

Advertisements

121 thoughts on “About”

  1. Dewa ruci ada MP3nya Nartosabdo dan Manteb Sudarsono. Nartosabdo menceritakannya dengan runtut dan bagus. Khasnya Mbah Narto. Semoga ndak lama dapat di sharing atau kalau sudah punya silahkan di cermati. Banyak hal baik yang kita peroleh darinya.

    Matur nuwun

  2. Wah pak, saya terkaget kaget ada “ilmu wayang” yang bagus untuk dipelajari. Saya nul putul masalah pewayangan padahal wong jowo. Lihat pagelaran wayang aja sepotong potong karena nggak ngerti bahasanya. Tapi kalau mau tidur terus mendengar suara gamelan, sinden, dalang, dengan lamat lamat rasanya nyamaaan sekali. Matur nuwun mas Prabu, saya minta ijin untuk mengambil bebrapa gambar wayangnya kalo boleh.

  3. salam kenal pak..

    saya baru tertarik ne ma cerita pewayangan,
    gara2 2 bulan lalu nonton sendratari ramayana di prambanan..
    saya jadi suka ma ceritanya, punya nilai2 tersendiri.. (padahal dlu saya kira ini cerita ndeso yg uda ketinggalan jaman)
    dan saya jadi sadar, bahwa dulu orang2 jawa adalah orang2 yg sangat pintar..

    saya pengen tau lebih detail lagi tentang pewayangan ini,,

    mohon bimbingannya..
    matur nuwun sanget..

    nb:
    numpang copy tulisan2 disini ya, (bwt saya baca klo lgi offline).. makasi lagi..

  4. Salam kenal semuanya
    Silahkan ambil materi disini, lha wong saya juga hanya sebagai peng-kompulir saja kok he he he …
    Seperti yang saya tulis di “About”, ilmu saya sebatas apa yang saya baca dan apa yang saya coba mengerti darinya

  5. Mas Prabu
    Bagaimana caranya bisa mendapatkan MP3 wayang atau ending-gending jawa. yang beli atau download. Sungguh aku penggemar wayang dan gending jawa tetapi sulit mendapatkan karena saya tinggal di Medan Sumatera Utara. Mohon dibantu.

  6. salam kenal…

    perkenalkan saya panggil dengan nama mas prabu…
    Wah..melihat blog anda saya secara pribadi sangat menghargai dan kagum…dan kebetulan saya juga dekat dengan dunia wayang meski tidak sedalam panjenengan.

    saya saat ini bekerja sebagai manager ki dalang enthus, …lagi proses bikin website, sudah bisa baru halaman pertama dan kedua itupun belum final, sekedar ngisi domain yang sudah terlanjur kita pesan….senang sekali kalau kita nanti dapat saling me-link, dan kebetulan ada konsep contain yang sama, misal ada download ringtone sulukan, mp3 wayang, wallpaper da forum lek2an yang bisa kita ramaikan bareng, insyaallah dalam bulan web dalangenthus bisa kelar…

    sekian, salam buat keluarga dan pecinta wayang lainnya..

    salam
    HONGGO PANGLIMA
    management dalang enthus

  7. Salam kenal mas prabu :)

    setelah saya lihat2 isi blog ini, saya salut ternyata masih ada orang yg peduli dengan kebudayaan indonesia khususnya wayang. Good Job Mas Prabu :)

    bila ada kesempatan silahkan mas prabu dan penggemar wayang lainnya berkunjung ke website Majalah Wayang alamatnya : http://www.majalahwayang.com lebih bagus lagi kalau beli Majalahnya hehehe :D (maaf bukan maksud promosi…) atau mau kirim artikel juga boleh, yg pasti ada honornya lho.. :)

    Salam Sejathtera.
    matur nuwun

  8. salam kenal mas prabu. Gara-gara di daulat jadi salah satu punokawan saya harus getol mendalami dunia pewayangan. Situs ini telah memudahkan saya untuk lebih mengenal sifat-sifat para punokawan. Tapi saya masih kesulitan untuk mencari guyonan yang pas buat pentas minggu depan. mohon bimbingannya! bisa lewat email kok.matur suwun.

  9. saya sangat berterimakasih atas semua yang difasilitasi. kebetulan saya jg suka dengan wayang, yang sedang berusaha mengerti apa yang tersirat pada tokoh, lakon, condro dll pada pagelaran wayang. mungkin dari semua para pembaca dapat membantu saya untuk itu. demikian pula aksen dalang juga cukup menarik, seperti suara khas bawornya ki hadi sugino. juga judul2 menarik laih seperti kumbokarno gugur dari ki hadi sugino, mungkin ada yang dapat membantu saya

  10. Bagaimana dengan perkembangan wayang di Suriname, apakah memunculkan versi baru, perubahan, ataukah masih sama dengan wayang yang ada di Indonesia. Salam kenal pak dari saya.

  11. Salam kenal mas prabu. Kula gadhah kaset gending-gending bagus tarian kraton, dari dulu bingung cara mindahnya ke bentuk mp3. Juga beberapa kaset dagelan Basiyo. Apa ya caranya disetel lalu direkam dulu ke komputer lalu baru diproses. Sekedar ingin inventarisasi yang lebih baik sesuai kemajuan teknologi.
    Matur nuwun

  12. Matur nuwun kagem sedayanipun, nembe dinten punika kula saged kepanggih kaliyan website ingkang lumayan lengkap babagan pewayangan. Nuwun sewu saderengipun, menawi saged lakon wayangipun ugi pun terjemahaken wonten ing basa Jawi, supados langkung kraos suasananipun. Lajeng menawi saged ugi dipun jengkapi kaliyan videonipun wayang tiyangipun Sekar Budaya Nusantara anggitanipun Ibu Nani Sudarsono, amargi pagelaranipun panci saestu sae lan sampun kasil nglebetaken teknologi wonten ing pakeliran. Matur nuwun saderengipun

  13. Akhirnya nemu juga blog tentang wayang, bagus banget, semoga saya bisa ambil manfaat dari blog ini, dan semoga semua ini menjadi amal sholeh Panjenengan.

    ________
    Amin … matur nuwun
    Itulah harapan saya, minimal dapat meng-update diri saya sendiri. Sukur-sukur orang lainpun dapat mengambil manfaatnya

  14. mas Prabu saya sempat susah cari blognya karena yang lama prabuwayang.wordpress nya nggak bisa di akses, saya penggemar berat wayang kulit mas, cuman di kalimantan susah cari CD2 wayang sangat terima kasih banget dengan adanya blog mas prabu ini, sudah hampir semua yang di upload terutama punya pak anom saya download

    saluttt masss

    __________
    Memang prabuwayang sudah menjadi masa lalu
    yang baru sekarang adalah wayangprabu
    mudah-mudahan bertahan seterusnya
    Makasih atas perhatiannya, audio wayangnya bertahap ya di uploadnya. Lumayan besar file-filenya …

  15. mas prabu terima kasih wahyu tohjali pak anom sudah di lengkapi karena yang saya download dulu baru sampai ke-8

    ______
    Nggih sama-sama …
    Kebetulan saya dapat download dari javawayang, kemudian saya simpan di 4shared saja. Kenapa tidak disharing aja kan ?

  16. mas prabu matur nuwun kulasampun download ,menawi saget padosaken lakon sakbibaripun bratayuda lan banjaran sinta saking timbul.

    ____
    Insya allah menawi pikantuk nggih
    Matur nuwun

  17. salam hormat,
    perkenalkan, saya generasi muda yang mulai mengenal dan mengagumi wayang. apakah saya bisa mendapatkan alamat Anda secara pribadi?

    _____
    Silahkan mampir dulu ke FB saya, atau ke GTalk bumiprabu
    kita ngobrol dulu …
    Seperti di halaman “About” saya sih sebenarnya bukan ahli masalah wayang … cuman sekedar pecinta saja
    tapi nggak ada salahnya bila saling silaturrahmi …
    Makasih ya … tetap semangat untuk mencintai budaya sendiri yang adi luhung

  18. mas kalo bisa ada yang membuat cd nya soalnya kalo download terlalu lama selain itu kebanyakan juga banyak dari kita yang kurang waktu untuk download paling tidak 1 jam, saya kira dari ahli waris tidak mempermasalahkan pembajakannya. karena bagaimanapun ini salah satu usaha kita untuk menghidupkan lagi kebudayaan jawa yang mulai bergeser. saya kira harga juga tidak ada yang mempermasalahkan

    ____
    Tinggal burn ajah sih mas, mungkin butuh beberapa DVD blank untuk menampung file-filenya karena sudah cukup banyak
    untuk kirim-kirim sepertinya kok saya blum sreg ya …
    kalau mau sih silahkan ke rumah saja untuk copy

    Tapi sepertinya emang harus nyicil dl kemudian dinikmati … stl selesai baru dl yang lain
    Saya pun sampai dengan saat ini masih banyak yang blum saya dengerin dari lakon-lakon yang telah saya upload :)
    Matur nuwun

  19. mas Wowo,aku baru sekali liat blognya,bagus baget,buat ceritanya yang bahasa jawa nggak ada bahasa indonesianya ya?ya sekalian buat belajar bahasa jawa..ya pegennya si sebagai wujud pelestarian budaya,he3..ya nanti aku tertarik buat pementasan tentang budaya jawa sama temen2…mas ini emailku,..Maksh ya Mas

    ______
    Hallo Rason pa kabar ? semoga baik-baik saja
    Kalau yang bahasa jawa memang diadakan sebagai pelengkap bagi yang memang bisa berbahasa jawa karena beda lho kesannya kalau sudah di translate …
    Tapi kan sebagian besar sudah bahasa indonesia … kalau memang butuh untuk translate tinggal request saja … mudah-mudahan saya bisa bantu ..
    Makasih ya dan salam kepada semua keluarga di rumah
    Maturf nuwun

  20. Pada jaman saya kecil dulu, saya sering main “gambar wayang ” mainan anak-anak, nah dari situ saya mulai kenal dengan wayang.
    Lha jaman sekarang gambar wayang mainan semacam itu sudah tidak ada, adanya gambar naruto, power ranger, doraemon dll. Saya kesulitan mencari cara bagaimana memperkenalkan wayang kepada anak dan cucu saya.
    alhamdulillah saya menemukan disini, Matur Nuwun sanget Mas Prabu.
    Lha lare “ndeso” ingkang mboten saget internetan dos pundi Mas….
    Kulo pengin “gambar wayang” mainan kados jaman rumiyen diwontenaken malih, caranipun dos pundi nggih, Matur nuwun……..

    _____
    Nggih bocah ndeso ingkang saget internetan puniko kados kulo lan panjenengan sami (ingkang rumaos wong ndeso :) ingkang kedah biyantu tetep langgeng lan lestarinipun budaya ingkang adi luhung puniko
    Kedahipun pemerintah turut campur nggih ?
    Matur nuwun

  21. salam kenal, mas pranowo. saya juga seorang pencinta wayang. saya dapat banyak belajar dari blog ini. sungguh mencerahkan. sudah lama saya merindukan banyak kisah ttg dunia pewayangan. yang membuat saya salut, mas pranowo juga masih sempat share file2 mp3 yang luar biasa. matur nuwun, mas.

    ____
    Sami-sami Mas Sawali
    Nyuwun dukunganipun kemawon amrih saget istiqomah ..
    matur nuwun

  22. Hmmm… Papanipun wonten pundi nggih supados saged gegladhi gamelan lan sinau pedhalangan… Sanes pendidikan formal, ananging ingkang informal kemawon lan dipun dhasari pasedherekan… numun nggih….

  23. Mas Bhege,
    Panjenengan pidalem ing tlatah pundi?
    menawi wonten Surabaya, monggo nderek gladen sesarengan kelompok kulo.
    Kulo gadah paguyuban karawitan ingkang anggotanipun Bapak2 soho Ibu2 kampung.
    Panggenan gladenipun wonten ing SMKN9 (rumiyin naminipun SMKI) Surabaya. Ruang pedalangan Sala.
    Gladenipun saben dinten Selasa dalu wiwit jam 20 ngantos jam 22.
    Pelatihipun guru SMKN 9 alumnus MSn STSI Sala.

  24. ndherek tepang mas.. kulo saking Surabaya matur nuwun sanget awit taksih wonten priyantun kados dene panjenengan ingkang taksih kerso nguri-uri kabudayan jawi utaminipun Wayang kulit.. Nyuwun sewu ugi menawi wonten tulisan lan menopo kemawon kulo pendhet dados referensi kulo … nuwun..a

    ____
    Sami-sami
    monggo kita sedoyo ikut berpartisipasi dalam tugas mulia ini
    matur nuwun

  25. Salam kenal Mas Prabu. Nama saya Hendro tinggal di Jakarta. Saya penggemar berat wayang kulit terutama gagrak Surakarta, jadi begitu saya melihat blog ini saya lgs jatuh hati. Dulu waktu msh kecil di Surabaya saya sering diajak alm eyang saya nonton wayang kulit yg dalangnya Ki Nartosabdho. Sekarang saya punya beberapa koleksi VCD wayang kulit yg dalangnya Ki Manteb & Ki Anom/Ki Bayu Aji. Saya ingin sekali nambah koleksi saya terutama VCD-nya Ki Nartosabdho. Brgkl Mas Prabu bisa memberi informasi dmn saya mendapatkan VCD tsb. Maturnuwun sanget sakderengipun.

    ____
    Salam Kenal kembali Mas Hendro
    Untuk vcd Ki Nartosabdho, silahkan kontak ke Masto Mas
    matur uwun

  26. Kang Prabu, saya sowan.
    Mau nyuwun priksa. Saya kan nderek njenengan disini sudah lama, bahkan dirumah yang dulu ketika masih Prabu Wayang. Nah, ngomong-ngomong kontrakan yang dulu kok bisa digusur kanapa sih?
    Saya khawatir, jangan-jangan rumahku juga didatangi tramtib. Kalau terjadi saya harus piye?

    ____
    Karena free, ya resikonya nurut karo juragane
    masalahnya dulu, saya punya 2 account yaitu di prabu dan prabuwayang dan saya satukan adminnya.
    kemudian tanpa pemberitahuan tiba-tiba di suspen begitu saja
    banyak kasus serupa menimpa para blogger
    namun …
    sepertinya dulu karena saya beli space di wordpress shg file mp3-nya saya taruh di wp, itu mungkin yang menjadi penyebab terkait dengan haki, mungkin …

    mulailah sekarang mencoba cari domain name sendiri, yang free juga banyak (kalau saya di http://www.co.cc) berikut free hosting-nya (kalau saya di http://www.freehostia.com)
    Coba-coba saya belajar sambil mengcreate, sayapun melakukan hal seperti itu
    Untuk sekarang …
    simpan dulu semua posting yang ada di wp hingga suatu kali bila terjadi account kita di suspend kita masih punya back-upnya
    membuat back-up ada di menu IMPORT
    Lakukan back-up sesering mungkin agar kita tidak kehilangan data kita, paling tidak sebulan sekali atau mungkin lebih cepat, seminggu atau 2 minggu sekali ..
    itu saja mungkin sementara
    OK … jangan lupa BACK-UP YA !!!
    matur nuwun

  27. walah, thik ruwete ngungkuli KPU gitu, ya?
    Nggih mpun kang, matur nuwun paringanipun petunjuk. cuma backupnya barangkali nanti saya akan matur lagi jika ternyata nggadhug.
    Sekarang saya tak maca-maca potingan anyar njenengan sik. Aja diganggu!

  28. mas.. kulo nyuwun ngapunten bilih kulo nyuwuh ngampil artikel -artikek saking blog niki… badhe kulo ngge wacana datheng kulo lan konco-konco.

    ___
    Lha monggo kemawon mas …
    demi ngrembakake wayang lan nglestantunaken
    matur nuwun

  29. @. Mas Galuh & Mas Prabu :
    Lha wong gratis kok nggih. Engkang sekeco kados kulo lan rencang2 namung kantun glegeg ngoten, paling namung matur nuwun, nak nggih to co.
    Inggih ………………………………..lho mireng tho. Nyuwun sewu kulo gentos aran.

    ____
    Sakjanipun mboten gratis sedoyo Mbah Narko
    nanging kangge para pecinta wayang … segala daya dan upaya diperjuangkan :)
    Matur nuwun

  30. Matur nuwun, mugi kagunan jawi tansah lestari salami-lami, salam kenal saking solo.

    ___
    Salam kenal ugi kangge wong solo
    matur nuwun

  31. Nepangaken kulo tiyang Temanggung kangmas..remen sanget wontenipun donlod-an ringgit purwa, khususipun ki dalang Ki Hadi Sugito (alm). Menawi wonten sanesipun saking Ki Hadi Sugito hehehe. Matur suwun sanget, kangmas Prabu..

    _____
    Nggih sami-sami
    salam kageng sedherek2 wonten ing kota suejuk Temanggung
    matur nuwun

  32. kulo pingin download wayng video/utowo mpeg3,. pripun nggih caranipun,… kulo wong wonogiri… nyuwun ijin.. lan caranipun…matursembah nuwun malih..
    email: cahaya.brigita@yahoo.co.id

    _____
    Caranipun gampang …
    tinggal di klik dan ikuti petunjuknya terus
    gampang kok
    matur nuwun

  33. Selamat sore, Mas Prabu,

    Saya ingin mencari informasi mengenai para perajin wayang (nama, alamat & nomor telepon), baik wayang kulit maupun wayang golek, yang ada di Indonesia dengan maksud untuk dijadikan referensi dalam Pameran Kridaya yang bekerjasama dengan Departemen Perindustrian dalam rangka usaha pemerintah membina pengrajin kecil dan menengah.

    Atas bantuan Bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

    _____
    Selamat sore juga …
    info soal itu sepertinya mungkin ada di PEPADI
    atau lainnya ada yang tahu ?
    makasih

  34. pokoke top tenan blog iki,,,mugio lestari langgeng sa umure bumi,,amieen.

    ____
    Aaamiin
    matur nuwun

  35. Buat Kakang Pranowo Budi (prabu) & Kakang Edy Listanto

    Saya mempunyai rencana untuk membangun radio pemancar FM yang berdaya kecil (radius 5 km) dan membuat radio streaming internet yang khusus menyiarkan tiap hari Kesenian Jawa.
    Mohon ijin untuk mendownload file yang sudah Kakang sediakan di site yang Kakang kelola, & sekaligus mohon kakang memberi nama pemancar radio tersebut.

    Terima Kasih.

    ___
    Makasih Mas Sutamto
    Semoga wayang tetap lestari dan dapat berkembang dengan upaya kita semua
    Silahkan pergunakan konten yang ada disini
    Saya dukung usaha Mas Tamto dan untuk nama, apa ya ?
    Silahkan sajalah beri nama sendiri yang baik, kulo nderek kemawon
    Matur nuwun

  36. Assalammu’alaikum
    Ndherek tepang mas Prabu, dalem widhi, sak puniko manggen wonten bekasi.
    Saya termasuk penikmat Ringgit Wacucal terutama ki Anom Suroto.
    Dulu kalo dengerin wayang biasanya pas pulkam ke sukoharjo – boyolali sama muter vcd kiriman bapak.
    semakin ke sini, ternyata ada radio AM yang nyiarin pgelaran ringgit wacucal sedalu natas setiap malem ahad salah satinya Radio Suara Jakarta.
    Dan ternyata saya malamini nyasar ke tempat Panjenengan (nyasar yg indah). ternyata stock nya sangat banyak, jadi gak usah nungguin malem ahad.
    Tapi ngomong2 kalo stock yang udah jadi cd ada gak ya (Golek penak-e dhewe mode ON)
    Mbok bilih cekap semanten atur kulo, klenta-klentunipun atur tansah nyuwun agunging pangaksami. matur nuwun

    ___
    Wa’alaikum salam mas widhi
    sugeng pitepangan, mugi tansah pikantuk kesaenan
    sebenarnya isi semua di wayangprabu saya kumpulkan dalam satu folder
    dari awal saya berniat untuk sekedar sharing di dunia maya saja
    memang ada yang sempat minta dikirimi koleksi sehingga kemudian saya burn ke cd dikarenakan dia mengalami kesusahan dalam akses internet
    untuk mas widhi mungkin karena akses internetnya baik, silahkan saja dl semua koleksi via wayangprabu saja ya .. :)
    matur nuwun

  37. Wah… jan mantep tenan…
    tengkiyu tenan ki…
    Mas nyuwun tulung file nya diupload ke indowebster aja ben gampang download nya

    ____
    OK Makasih
    masalahnya ada yang bilang di indowebster lebih cepat, ada juga yg 4shared dan yang lainnya lebih gampang
    cuman karena filenya besar-besar, rasanya tidak mungkin kalau saya bikin mirror atau alternatif pilihan

    bagaimanapun saya ucapkan tengkyu

  38. Mas Prabu salam kenal, pangapunten ngrepoti kulo bade nyuwun nomor telpone Ki Manteb Sudarshono
    sak derenge matur nuwun sanget

    ___
    Salam kenal juga Mas Taufik
    nyuwun sewu kulo mboten gadhah ingkang dipun kersaaken
    mbok bilih penggemar sanesipun gadhah ?
    matur nuwun

  39. mas Prabu salam kenal. nama saya Dewi.. lagi menyoba buat blog wayang di wordpress. :) bharatayudha arena nya mas Sergio sedang dicoba transfer ke blog saya. mas Sergio nya setop blogging dulu. isi blog mas Prabu bener2 musti acungin jempol. saya permisi download videos wayang nya ya mas. tenkiuu

    ___
    Salam kenal kembali mbak Dewi Kirana
    Senang juga berkenalan dengan Anda
    Wah sayang ya bharatayuda di MP-nya distop. Tapi nggak masalah dengan adanya mbak Dewi bukan ?
    Semakin banyak referensi tentang wayang akan semakin tambah semarak
    semoga wayang tetap jaya !
    Sekali lagi selamat dan semoga sukses
    matur nuwun

  40. Nuwun sewu . nderek tanklet . nopo saged kulo nyuwun dipun duplikaraken mawi DVD , khususipun Narto Sabdho . bilih kedah tinebus , pinten kathahipun supados kulo transfer .

    KALISTIONO
    MEDAN – SUMATERA UTARA
    _________________________
    Katur mas Kalistiono :
    Mangga panjengenan kula aturi nyerat wonten email kagem mas Edy.L utawi mas Prabu. mBok bilih mangke bade dipun caosi solusi ingkang sekeco kagem panjenengan, nuwun

  41. Nama saya, Eka. Salut sama mas Prabu. Saya harap rumah ini bisa jadi salah satu cara pewarisan informasi budaya adiluhung ke tiap generasi.
    Mohon kalau sekiranya saya butuh informasi bisa dibantu ya….
    Terima kasiiih…..

    ______
    Salam kenal Eka
    Terima kasih atas atensinya
    Selagi kami mampu, insya allah kami akan bantu
    Nuwun

  42. Pemilik blog ini luar biasa…. Saya sangat salut… Ibarat menemukan gunung emas, saya sangat bersyukur. Semoga amalan mengalir hingga yaumul akhir… Salam.

    1. Semua tentu karena dukungan dan sumbangan dari para pecinta wayang sehingga konten blog ini cukup lengkap
      Makasih atas doanya smoga kita semua dapat konsisten
      nuwun

  43. Seringkali ketika kita sudah menikmati suasana tertentu dan ingin “menggambarkan” suasana tersebut kepada orang lain, kita mengalami kesulitan untuk melukiskannya. Tapi sekarang, Wood Craft Souvenir membantu menghadirkan suasana tersebut secara real, contoh: suasana pagelaran wayang kulit. Tinggal klik saja “http://www.woodcraftsouvenir.com” dan temukan berbagai macam suasana etnik asli Indonesia.

  44. meud siang

    wah keren banget kang isinya,,,jadi makin manteb balajar wayang orang,,,,,,cuman kok disini sdikitbanget yagh kang ngulas ttg wayang orang ? ?? ? ? ?

    makasih

  45. Mas Prabu, matur nuwun saya sudah membaca , dikirimi via email dan download beberapa lakon wayang. Kalau ada mohon ditambahi cerita menak baik mp3 maupun tulisa , saya nyari nyari baik di internet maupun di toko buku tetapi belum nemu juga

    Mungkin kalau ada penggemar wayang punya minta tolong di sharing.

  46. wayang ataupun lain2 yg bernau jawi itu filososfi-nya tinngi……..tp bukan berarti tdk bisa dipelajari ataupun nge-bosen-in….buktinya saya dibikin ‘mabok’ pak…..saya mau banyak belajar……….shrae2info y pak…

    1. Monggo Mas …
      Matur nuwun … punika nggih amargi dukungan saking para sutresna wayang ingkang sampun kathah maringi koleksi pagelaran wayang napa dene artikel …
      matur nuwun

  47. salam kenal mas,matur nuwun mas prabu sebelumnya..saya sudah banyak download lewat youtube…
    mas,gmana ya cara jadi anggota blog ini?
    anggota wayang prbu koleksi mas ?
    dan paguyuban pecinta wayang?
    matur nuwun mas.

  48. Hai Mas Prabu,

    konten di dalam situs Anda sangatlah menarik dan bermanfaat bagi orang lain dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet tentunya.

    Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut. Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda dapat me-monetize traffic dan membentuk pengikut baru dari kalangan mobile.

    Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuat situs mobile Anda yang dapat langsung Anda lihat di http://buzzcity.mobi/wayangprabu dan silahkan hubungi kami di mobibiz@buzzcity.com untuk info loginnya.

    Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan kunjungi situs kami di http://www.buzzcity.com jika Anda membutuhkan info lebih lanjut.
    Buzzcity (myGamma) juga akan hadir di acara Pesta Blogger 2010 pada tanggal 30 Oktober 2010 di Jakarta sekaligus sebagai salah satu sponsor, semoga kita dapat berjumpa langsung disana untuk saling bertukar pikiran lebih banyak lagi. :)

    Terima kasih untuk waktu dan perhatiannya :)

    Salam,
    Tim Mobilizer (Buzzcity)

  49. Ass…..Mas Prabu pa kabar ?…..ni ada koleksi lagi dari Dalang Kukuh Bayu Aji…..untuk audio insyaAlloh ngejrenglah @http://www.4shared.com/dir/dm2_jHQr/Ki_Kukuh_Bayu_Aji.html
    itu linknya….terimakasih ….wassalam

    1. Wa’alaikumsalam wr wb
      alhamdulillah, kabar kula sae mugi panjenengan ugi mekaten
      matur nuwun sharingipun
      langsung kula wartosaken nggih
      matur nuwn

  50. Pagi bapak yb, saya sedang buat buku ramayana, untuk dijual-belikan ke toko, apakah boleh mengambil/gunakan foto2 wayang dari sini, mohon informasi, bagaimana syaratnya, thx.

    chris v/jakarta

    1. Saya disini juga ngambil dari berbagai sumber di internet yang sudah nggak tahu awalnya
      kalau pengin lebih jelas referensi sumber silahkan ke wayangpustaka.wordpress.com
      nuwun

  51. Ass.w.w.
    Kulo nuwun Mas Prabu…!
    Nderek tepang, kula penggemar wayang ingkang masih enggal. Taksih enul puthul babagan kawruh perwayangan. Kanthi tumut kempal-kempal wonten website punika kulo gadhah pengarepan sageta nambah pengetahuan babagan wayang. Mugi-mugi Mas Prabu kalian rencang-rencang kersa berbagi ilmu.
    Sanesipun, kula inggih bade ngenalaken wayang koran ingkang dados ide, kreasi lan pedamelan kula kalian sederek lan rencang-rencang perajin. Wayangkoran inggih punika, boneka/figure wayang ingkang kadamel saking kertas koran. Menawi wonten wekdal kula aturi mersani blog/website http://www.wayangkoran.tk. Matur nuwun sakderengipun lan nyuwun pangapunten menawi wonten lepat anggenipun nyerat comment.

    wassalam w.w.
    Mas Guatot

  52. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sampurasun, wilujeng tepang ka sadayana…
    Sim kuring kataji ku eusi blog Akang, kinten-kinten-na saupami nyutat tulisan Akang kanggo ngalengkepan blog sim kuring, teu sawios-wios?

    Hatur Nuhun
    Wassalam
    Adi K.

    1. Wa’alaikumsalam wr. wb
      wilujeng tepang oge ka kang adi
      mangga atuh upami badhe nyutat konten dina blog ieu
      hatur nuhun
      sukses slalu

  53. Wilujeng Siang Kang Prabu,

    Hatur Nuhun kana waleran sareng perhartosanna, mugi Budaya Wayang “World Masterpiece” Suksés Salalamina
    Amiin…

    Wassallam.

      1. Nuwawi sanes kang, wilujeng tepang sareng salam pangwanoh kanggo kang Roni Subari oge ka sadayana nu mikaresep budaya wayang ti pribados …
        Hatur Nuhun.

        1. Kang Adi, urang kempeulkeun Milis ti tatar sunda yuk, kanggo ngarojong PPW dina raraga nguri-uri – memetri seni tradisi, Dimana Kang Adi linggih ?, manawi kersa ngagabung ka Paguyuban Pecinta Wayangwayangprabu.com tiasa sms ka abdi 087 821 232 070, urang riung mungpulung nya, diantos pisan. Htr nuhun

  54. Maturnuwun kulo saged nambah pangertosan bab kabudayan jawi engkang sanget adiluhung, utaminipun wayang kulit. Mugi tansah ngremboko ing Bumi Nuswantoro Amiin…

  55. kulonuwun..
    mas prabu, mungkin punya audio/vidio pagelaran wayang oleh kyai yang bisa ndalang
    maaf kalo salah info, cz aq dapat info yang kurang jelas juga
    menurut info yang aq dapat kaset/cd pagelaran wayang tersebut banyak di jumpai di penjual kaset di pesarehan wali 9
    saya berdomisli di luar jawa, hanya bisa download pagelaran wayang melalui web mas prabu
    maturnuwun……

  56. mas prabu boleh tanya ada nggak anda hubunganya dengan ki anom suruto kalo ada kasih tau ya plz muritnya ato anaknya tak ada maksut apa2 saya cuma pengen silahturohmi

  57. Mas prabu, mbok bilih kagungan rekamanipun Ki Gondo Darman almarhum mugi sageda pun upload kangge jampi kangen wayang gaya sragenan. Amargi Ki Darman minangka dados keblating para dalang sabet…. matur nuwun.

  58. assww…kulo nuwon, permisi…saya fatah pengurus masjid raya pondok indah.. baru gabung ke web ini, bermaksud menawarkan gagasan yg mungkin bisa diterima..kami bermaksud mengadakan pagelaran wayang dalam rangka peringatan muharam tahun depan 2012 M/1434 H.yang diadakan di pelataran masjid kami, yang akan dibarengi dg tablig akbar.
    Mungkin Paguyuban ini bisa turut membantu mewujudkan keinginan ini, syukur2 ada sponsor yang membantu…sembah nuwon

  59. Salam Mas Prabu,
    Situs ini sangat bagus. Saya seorang Belanda. Maaf, saya membaca dan menulis tidak baik BI. Saya masih belajar BI. Saya mengumpulkan wayang golek. Sekarang saya memiliki lebih dari 400 boneka di rumahku. Saya merasa terhormat karena ada gambar boneka saya di situs ini.

  60. kagem kang mas ingkang ngadahi blog meniko.., kawulo bade mundut lampahan “BIMO BUNGKUS” sakeng Bopo Ki Anom Suroto.., menawi wonten nuwon dipun share ing blog meniko..
    MATUR NUWON …

  61. Mohon maaf mau tanya, untuk download Gatot kaca kikis tunggorono itu dimana ya? Link disini sudah mati, mohon bantuannya. Atau kalau masih ada yg jual cd juga boleh, matur nuwun.

  62. menawi kepareng kulo nyuwon file utawi lampahan wahyu toh jali..H.anom Suroto
    soho cara download ipun menawi ngagem sandi menopo sandi nipun
    maturnuwon

  63. Wilujeng mas Prabu? Mau menanyakan, di lakon Kresna Duta, yang dibawakan oleh Ki Narto Sabdo dikatakan bahwa akan memasuki perang besar ke-4 dari 12 perang besar yang ada, yang bernama Bharatayuda Jaya Binangun.. Pada saat Setyaki bertanya perang besar yg lainnya, dijawab:”aku wis ora menangi”

    Pertanyaan saya, minta tolong dijelaskan perang besar yg lain selain empat perang besar tersebut.

    Nuwun

  64. Mas,
    Saya Sunu, sekarang sedang belajar S3 di Jepang, di bidang teknologi media (grafis, pengolahan citra). Sangat berterima kasih karena atas bantuan Mas, saya bisa menikmati wayang kulit, yang dulu saat di Jogja saya tonton bersama bapak.Saya berminat untuk riset tentang wayang kulit setelah pulang nanti, mohon ijin untuk menggunakan materi-materinya untuk mempelajari wayang kulit dan budayanya.

    Sekali lagi, matur nuwun atas blog dan video-nya (youtube)…

  65. Salam kenal,
    Saya suka wayang, terutama dari daerah Cirebon dan Indramayu.
    Apa ada koleksi wayang jadul yg diproduksi oleh Dian Records?

  66. saya suka banget sama wayang..
    pokoknya love forever dech..g peduli walaupun sama temen2 di bilang aneh..
    krna menurutku wayang itu budaya indonesia yg legendaris dan gak termakan waktu..tetep eksis

  67. Kulo penggemar wayang dalang ki hadi Sugito dan ki timbul hadi prayitno bagaimana saya dapat bergabung didalam PPW
    dari Teguh Bonorejo Gulurejo Lendah Kulon Progo Yogyakarta

  68. Saya banyak video wayang dari hasil shootingan wayang khusus.nya dalang tulungagung jatim sebagian udah saya upload di youtube gimana cara share dengan website ini????

  69. Saya penggemar berat Ki Narto Sabdo. Bagi rekan-rekan sniman untuk dihargai karya-karya beliau….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: