Ambalika, Dewi

Ambalika adalah putri bunggsu dari Prabu Dharmahambara raja Kerajaan Giyantipura, mempunya 2 kakak puteri yaitu Dewi Ambika dan Dewi Amba, sedangkan air ketuban dan ari-ari di puja oleh Ramaparasu menjadi Arimuka dan Wahmuka. Ketika Ketiga putri telah dewasa, Prabu Dharmahambara merencanakan untuk menerima salah satu pinangan para satria pada ketiga putrinya. Atas permintaan Arimuka dan Wahmuka, Prabu Dharmahambaka mengadakan sayembara. Siapapun yang dapat mengalahkan Arimuka dan Wahmuka akan mendapatkan Dewi Amba, Dewi Ambika, dan Dewi Ambalika.

Dewi Styawati menginginkan putra-putranya yaitu Citragada dan Citrawirya untuk dapat menikah dengan putri-putri negeri Giyantipuri itu. Resi Bhisma pun ikut dalam sayembara atas permintaan ibunya Dewi Styawati sebagai wakil Citragada dan Citrawirya. Arimuka dan Wahmuka dapat dikalahkan Resi Bhisma.Kemudia Dewi Ambalika diboyong ke Astina dan menikah dengan Prabu Citrawirya, namun mereka sebelum mereka memiliki keturunan, Prabu Citrawirya meninggal dalam sebuah  pertarungan.

Karena tidak memiliki keturunan, Dewi Styawati meminta Begawan Abiyasa, anaknya dengan suami terdahulunya Begawan Palasara,  untuk menikah dengan Dewi Ambalika. Sehingga lahirlah Pandu, namun anaknya ini cacat mukanya pucat/bule dan kepalanya tengleng.Dewi Ambalika berumur sangat panjang. Ia hidup sampai berakhirnya perang Bharatayuda Setelah penobatan Yuhistira menjadi raja negara Astina bergelar Prabu Kalimataya, dengan bimbingan Bagawan Abiyasa, Dewi Ambika mati moksa bersam-sama dengan Dewi Ambika dan Dewi Durgandini.

One thought on “Ambalika, Dewi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: