Sentanu, Prabu

Prabu Sentanu seorang raja di Hastinapura sebelum jaman Pandawa. la asal seorang pendeta dari negeri Talkanda, bergelar Resi. Prabu Sentanu seorang pemarah dan lekas naik darah. Pada waktu ia masih jadi pendeta di Talkanda ia ditinggal mati isterinya dan meninggalkan seorang anak bayi laki-laki bernama Dewabrata.

Karena itu Resi Sentanu meninggalkan negerinya, guna mencari seorang perempuan untuk menyusukan anaknya, sebab di negerinya tak ada seorang juga perempuan yang kuat menyusukan anaknya itu. Tetapi kepergian Sentanu itu sebenarnya adalah dengan niat akan -mencari lawan perang.

Setelah tiba di Hastinapura, anak Sentanu disusukan oleh permaisuri Prabu Palasara, yang sedang menyusui putranya juga, bernama Raden Abyasa. Kemudian dengan kekerasan Sentanu meminta permaisuri Hastinapurapura, Dewi Durgandini, akan jadi isterinya. Dengan seizin dewa terkabullah permintaannya itu. Maka Sentanu bertahta sebagai raja di Hastinapura.

Hal ini kalau ditilik dengan rasa lahir, titah Dewa itu tak adil, tetapi untuk Palasara malahan dapat diterimanya dengan tenang. Memang beginilah gambaran kesempurnaan rasa bathin, tak mudah diterima hanya dengan. pikiran yang mengenai duniawi saja.

BENTUK WAYANG

Prabu Sentanu bermata kedondongan, hidung dan mulut sembada, berkumis. Bermahkota topong, berjamang tiga susun. Sunting waderan, berpraba. Kain bentuk bokongan raja.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: