Nagabaginda, Prabu

PRABU NAGABAGINDA adalah raja negara Jangkarbumi. Ia ingin menguasai negara di dalam semua lapisan bumi. Untuk memenuhi cita-cuitanya itu, hampir seratus tahun lamanya ia bertapa di pusaran samudra, memuja Bathari Durga, untuk memperoleh berbagai ilmu kesaktian.

Merasa sangat sakti, Prabu Nagabaginda kemudian pergi ke Suralaya, menagih janji Sanghyang Manikmaya yang akan memberikan Dewi Supreti dan kekuasan untuk merajai seluruh dasar bumi. Tetapi Sanghyang Manikmaya tidak dapat memenuhi janjinya, karena Dewi Supreti telah dianugerahkan kepada Anantaboga, yang telah mendapat kedudukan setingkat dewa dan kekuasaan penuh untuk menguasai tujuh bagian bumi/ Saptapratala.

Prabu Nagabaginda menjadi marah dan menyerang Suralaya. Ia berhasil mengalahkan para dewa. Tapi akhirnya Prabu Nagabaginda tewas dalam peperangan melawan Anantareja, putra Dewi Nagagini — putri Hyang Anantaboga, dengan Bima — satu dari lima satria Pandawa, putra Prabu Pandu, raja negara Astina dengan Dewi Kunti. Oleh Bathara Guru, negara Jangkarbumi kemudian diserahkan kepada Anantareja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: