Kalakeya, Prabu

PRABU KALAKEYA adalah putra Bathara Kalayuwana, yang berarti cucu Bathara Kala dengan Dewi Pramuni/Bathari Durga, penguasa makhluk siluman dari kahyangan Setragandamayit Ia merupakan cikal-bakal berdirinya negara Dwaraka/Dwarawati dan menjadi raja pertama negara tersebut.

 Dengan berbagai ilmu ajaran dan pemberian neneknya, Bathari Durga, Prabu Kalakeya menjadi sangat sakti. Ia mempunyai sifat dan perwatakan; pemberani, serakah, bengis, kejam, suka menurutkan kata hati dan mau menangnya sendiri. Prabu Kalakeya menikah dengan Dewi Kayati, seorang hapsari. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh seorang putri yang diberi nama Dewi Kayi, yang selanjutnya turun-temurun menurunkan raja-raja raksasa negara Dwarawati sampai Ditya Prabu Yudakalakresna.

Prabu Kalakeya pernah menjadi saingan Sanghyang Wisnu alam upaya memperistri Dewi Pertiwi, putri Prabu Nagaraja, raja taksaka/ular di dasar Sumurjalatunda. Dengan mantra sakti ajaran Bathari Durga, Prabu Kalekaya berhasil menangkap Sanghyang Wisnu dan memenjarakannya di penjara baja. Berkat pertolongan Wisnukapiwara, kerabatnya yang berwujud kera hitam, Sanghyang Wisnu dapat bebas dari penjara baja tersebut Prabu Kalakeya akhirnya tewas dalam peperangan melawan Sanghyang Wisnu, tubuhnya hancur terkena senjata Cakra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: