Jungkungmardeya, Prabu

Prabu Jungkungmardea adalah seorang raja besar di Paranggubarja. Roman mukanya elok dan sakti, karena itu ia berani meminang Dewi Srikandi, puteri Prabu Drupada di Cempalareja. Karena Jungkungmardea seorang yang mulia, diterimalah pinangan itu oleh Prabu Drupada. Tetapi Dewi Srikandi tak suka menerimanya. Maka pergilah puteri itu kepada Arjuna mengadukan nasibnya. Mendengar itu Arjuna menjadi marah dan pergi ke Cempalareja lalu perang tanding dengan Jungkungmardea. Kemudian Jungkungmardea tewas oleh Arjuna. Kejadian ini ada dalam lakon Srikandi berguru memanah pada Arjuna.

BENTUK WAYANG

Prabu. Jungkungmardea bermata jaitan, hidung mancungj muka tenang. Berjamang tiga susun dengan, garuda membelakang, besar, sunting sekar kluwih, berpraba. Bergelang. berpontoh dan berkeroncong. Kain bokongan raton.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

Advertisements

One thought on “Jungkungmardeya, Prabu”

  1. Ceritanya amat sederhana sekali. Padahal kalau kita menyimak pakeliran Ki Hadisugito, Ki Timbul Hadiprayitno,ceritanya sangat rumit dan unik. Dalam lakon Mbangun Taman Maerakaca misalnya, KI HS tidak cuma bercerita Srikandi belajar memanah dengan Arjuna, tetapi juga membangun taman Maerakaca yang telah porak poranda dan angker, kalau dirunut kebelakang, taman Maerakaca yang disayembarakan untuk dibangun itu sesungguhnya bukan cuma taman biasa, namun ada keterkaitan dengan kelahiran Dewi Wara Srikandi. Di tahun 1970-an saya pernah menonton wayang lahirnya Srikandi oleh dalang Ki Gondomargono (Yogya). Disitu dikisahkan bahwa kelahiran Srikandi bersamaan dng temurunnya Taman Maerakaca dari kahyangan Jonggriongsaloka yang dibuncang oleh Batara Endra. Taman Maerakaca tsb merupakan hasil karya dari Sang Hyang Durganetri yang akhirnya menitis pada Srikandi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: