Gunadewa

Lakon Gunadewa Lahir sendiri sebenarnya merupakan lakon karangan, yang berbasis pada wiracarita Mahabarata. Lakon itu berkisah mengenai kisah perseteruan antara Kresna dengan istrinya Jembawati. Kresna yang merasa seorang raja besar Dwarawati dan titisan Wisnu merasa jengkel menerima saran bijak Jembawati, yang merupakan anak seorang resi pilih tanding bernama Kapi Jembawan ini.

Puncaknya Kresna pun pergi dari Dwarawati dengan alasan bertapa, dan meninggalkan Jembawati dalam kesendirian. Padahal sebenarnya Jembawati dalam posisi hamil tua dan sangat membutuhkan kehadiran seorang suami. Kepergian Kresna pun dimanfaatkan Dasasarana, raja raksasa dari Purwalengka, untuk menculik Jembawati, yang sudah lama diincarnya sebagai istri.
Namun semua itu diketahui Arjuna, dan Jembawati pun berhasil diselamatkan. Sayangnya Dasasarana terlanjur tahu dan mengejar mereka berdua. Di tengah perjalanan, Jembawati melahirkan seorang bayi laki-laki. Ajaib, atas kehendak para dewa, bayi itu pun seketika tumbuh menjadi remaja dan diberi nama Gunadewa, yang berarti pilihan para dewa. Gunadewa inilah yang akhirnya menumpas Dasasarana dan melabrak Kresna.
Anehnya ketika Gunadewa menyindir Kresna sebagai suami yang egois dan mau menang sendiri, Kresna seperti hilang kesaktiannya saat berniat menghajar Gunadewa yang dianggapnya lancang. Akhirnya, setelah lumpuh tak berdaya karena kehabisan tenaga, di situlah Kresna menyadari kesalahannya dan mengetahui jika Gunadewa ternyata anaknya, yang ditinggalkannya pergi ketika masih dalam kandungan. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: