Garbanata, Prabu

Prabu Garbanata adalah raja negara Garbaruci. Ia masih keturunan Prabu Kalaruci, raja negara Karanggubarja, yang tewas dalam peperangan melawan Prabu Pandu saat menyerang Suralaya, karena ingin memperistri bidadari, Dewi Wersini. Prabu Garbanata menikah dengan Dewi Danawati, putri Prabu Kalayaksa, raja negara Garbasumanda. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh seorang putri yang bernama Dewi Garbarini.

Terdorong oleh rasa dendam terhadap keluarga Mandura, Prabu Garbanata ingin merebut kembali negara Karanggubarja yang kini telah dikuasai oleh Prabu Setyajid/Arya Ugrasena dan berganti nama menjadi negara Lesanpura. Penyerangan besar-besaran pun dilakukan terhadap negara Lesanpura. Dalam penyerangan tersebut Prabu Garbanata kalah dalam peperangan melawan Arya Setyaki, putra Prabu Setyajid dengan Dewi Wersini, yang memilki senjata gada Wesikuning peninggalan Arya Singamulangjaya, senapati perang negara Dwarawati.

Perdamaian pun akhirnya dilakukan antara negara Garbaruci dengan Lesanpura. Untuk mengukuhkan tali persaudraan, Dewi Garbarini, putri Prabu Garbasumanda kemudian dijodohkan dengan Arya Setyaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: