Galiuk

GALIUK adalah seorang raksasa lucu yang muncul ketika adegan Perang Kembang. Galiuk ini juga populer dengan sebutan Buta Endog. Sebutan ini bukan tidak beralasan, karena ia memiliki bentuk tubuh yang bulat dan hidung menyerupai telur atau endog (jw.)

Seperti tokoh buta Prepat lainnya, Galiuk selalu mati pada adegan Perang Kembang bersama-sama dengan tokoh Cakil. Buta Prepat adalah raksasa empat sekawan, yang terdiri atas ButaCakil, ButaTerong, Buta Rambut Geni, dan Buta Endog. Buta prepat adalah simbol nafsu manusia yang bermacam-macam.

Cakil menggambarkan nafsu manusia yang pating pethakil. Bertingkah berlebihan, jahat,dan usil. Buta Rambut Geni dengan rambutnya yang merah menyala menggambarkan nafsu serakah, suka marah, dan membuat onar. Buta Terong yang lamban menggambarkan kemalasan dan keacuhan pada lingkungan sosial. Buta Galiuk menggambarkan ketamakan, keserakahan, dan penghamba kenikmatan duniawi.

(“Rupa & Karakter Wayang Purwa” oleh Heru S. Sudjarwo, Sumari dan Undung Wiyono, penerbit Kakilangit Kencana cetakan ke-1 Mei 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: