Darmawasesa, Prabu

PRABU DARMAWISESA adalah raja raksasa dari negara Widarba. Ia putra kedua dari Prabu Darmasena, raksasa keturunan Bathara Dewanjali, dewa keturunan Sanghyang Darmajaka dari hasil perkawinan gandarwa dengan raseksi hutan Dandaka.

Darmawisesa naik tahya sebagai raja Widarba menggantikan kedudukan ayahnya, Prabu Darmasena, karena kakaknya, Jonggirupaksa menjadi raja di negara Jonggarba. Sedangkan adiknya, Godadarma diangkatnya sebagai patih Widarba. Prabu Darmawisesa sangat sakti, selain karena ketukanannya bertapa juga karena anugrah kesaktian dari kakeknya, Bathara Dewanjali.

Ketika mengetahui Dewi Sri Widowati menitis pada Dewi Citrawati, putri negara Magada, Prabu Darmawisesa berkeinginan memperistrinya. Ketika lamarannya kurang mendapat tanggapan dari Prabu Citragada, kakak Dewi Citrawati, Prabu Darmawisesa mengancamnya dengan kekerasan. Ia kemudian mengumpulkan dan menghasut seribu raja dari seribu negara yang berkumpul di Magada menunggu hasil lamarannya, untuk menghancurkan negara Magada bila Prabu Citragada tidak merelakan Dewi Citrawati menjadi istrinya.

Mengetahui kemelut di Magada, Prabu Arjunasasrabahu. Raja negara Maespati yang juga ingin memperistri Dewi Citrawati, segera mengirimkan Bambang Sumantri untuk menyelamatkan negara Magada dan memboyong Dewi Citrawati ke Maespati. Dalam perang tersebut, Prabu Darmawisesa dan adiknya, patih Godadarma tewas ditangan Bambang Sumantri.

One thought on “Darmawasesa, Prabu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: