KRG-Ki Rudi Gareng

ki-rudi-gareng

Audio pagelaran wayang oleh Ki Rudi Gareng :

  1. Petruk Kembar

tug-of-war1

Selasa, 22 Juli 2008 | 18:01 WIB

BATULICIN, SELASA – Ribuan warga berbagai pelosok Batulicin ibukota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan membanjiri lokasi pertunjukan wayang kulit berjudul “Semar Bangun Kayangan (SBK)”.

Pertunjukan seni tradisional oleh kelompok wayang kulit Asal Blitar, Senin(21/7) malam tampak menjadi hiburan tersendiri bagi warga Batulicin dan dearah lainnya di Kabupaten Tanbu yang berasal dari Jawa.

Kelompok hiburan wayang kulit asal  Blitar, Jawa Timur itu diundang Pemkab Tanbu guna  meramaikan acara sambut kangen dengan warga transmigran di Batulicin.

Sehingga tidak heran, ribuan pengunjung yang berasal dari sejumlah pedesaan atau transmigrasi yang dominan suku Jawa tersebut telah berdatangan memadati kawasan Kaped Batulicin.

“Semar Bangun Kayangan” yang dimainkan dalang Rudi Gareng itu mampu memukau penonto hingga mereka tidak beranjak dari tempat duduk. Mereka nonton hingga semalam suntuk guna  menikmati sikap lucu dari para bintang tamu serta kisah lain dalam hidup pewayangan itu.

“Kami tidak ingin meninggalkan pertunjukan wayang ini. Selain ceritanya menarik, masalahnya juga ada Topan dkk, yang aksinya membuat kami terpingkal-pingkal,” ujar salah satu penonton dalam pertunjukan itu.

Pada cerita wayang, telah digambarkan betapa beratnya kehidupan semar sebagai seorang pemimpin, keinginanya membangun darah, yang dikenal negri kayangan, banyak menghadapi berbagai cobaan dan rintangan.

Baik dari keluarga maupun masyarakatnya tidak sedikit yang berusaha untuk merintangi dan merong-rong kekuasaanya.

Kisah ini mengimplementasikan daerah Tanah Bumbu yang baru saja lahir dan dimekarkan dari kabupaten Kotabaru, dan tentu  membutuhkan tidak sedikit perjuangan serta pengorbanan yang harus dijalani pemimpin.

Perbaikan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan potensi daerah yang lain masih sangat perlu untuk dikembangan.

Semua ini diperuntukan mensejahterakan masyarakat yang sangat membutuhkan adanya kebijakan serta kearifan dari seorang pemimpin atau kepala daerah.

“Kami berterimakasih pak Rudi Gareng atas terselenggaranya hiburan wayang ini. Mudah-mudahan bisa jadi hiburan bagi masyarakat,” kata Bupati Tanbu M Zairullah Azhar dalam sambutan yang sempat ditertawakan penonton karena tidak sempurna berbahasa Jawa menyebut dalam nama ki dalang. Zairullah keliru mengucapkan kata Gareng.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/22/18014753/ribuan.warga.kalsel.terpukau.semar

17 thoughts on “KRG-Ki Rudi Gareng”

  1. oaaalah dasar katrok temen aku iki, ono dalang kondang teko Blitar aku ndak ngerti…. pada hal aku ugo teko Blitar.
    salam kenal ki Rudi….mugo2 mentas maneh no Kalimantan
    utamane Kotabaru.

    1. SGP SENIN 11 PEBRUARI 2013 ANGKA RESULT AI 9121 SAH…………SELAMAT BAGI YANG SUDAH JACKPOT DAN YANG BELUM BOLEH MAMPIR DI
      Prediksi Togel Jitu Dan Akurat, SGP/HKG 2d 3d 4d yang bisa anda menangkan Hub Mbah Jorwo _0_8_5_2_9_1_2_8_6_3_5_6_ Kemenangan Anda Adalah Tujuan Utama Kami, thank,s roomnya

  2. KEMARIN TGL 26 DESEMBER 2009 SAYA LIAT KI RUDI DI DOHO TV KEDIRI. WAAHHH… LUMAYAN KEREN SABETAN PERANGNYA….. DANNN… JAN HAYU HUAYU SINDENE… nilai plus lagi Mas Rudi sangat kocak. matur nuwunnn…

  3. Ayo saksikan malam ini pagelaran wayang kulit kolaborasi dg kethoprak humor dan ,campursari ….hari ini 17 april 2010 di lapangan sido bandung kec.balen bojonegoro jam 7 malam …bersama dalang ki hadi sukoco……bintang tamu penyiar radio istana 95 fm bojonegoro , dimas banu asmoro, bagong istana,srintil,dan seniman kethoprak satrio budoyo…..dan acara ini disiarkan langsung oleh 95fm istana radio bojonegoro……

  4. Dalam Rangka memeriahkan Hari Jadi Kepolisian Republik Indonesia tanggal 1 Juli 2010, Kepolisian Resort Kota Blitar menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk bertempat di halaman Kepolisian Resort Kota Blitar dengan dalang Ki Rudianto Gareng.

  5. Aq sering melihat dalangan tapi lokasinya khusus dimana? Di tengah hutan purwo sama lelembut. Salam dari mbah DAN sukse selalu rud

  6. Para kadang ing Blitar lan ingkang wonten luar Jawa, Ki Rudi Gareng punya kakak kandung yang juga dalang namanya Ki Wandono,.Saya punya rekaman live nya kanti lakon Seno Kembang,

  7. Trimakasih kepada seluruh pecinta wayang,.. atas saran dan kritikannya!? Semoga bisa menjadi cambuk bagi kami dalam meniti karir dan melestarikan budaya kedepan… Salam Budaya…
    (Ki Rudi Gareng) Kota Blitar Jatim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

%d bloggers like this: