Duet Ki Endang dan Ki Asep : Batara Partadewa


Kerjasama dengan Radio Mutiara AM Bandung

Oleh MasPatikrajaDewaku

 

Diceritakan di Kraton Gajahoya, Batara Raksadewa sedang menerima kedatangan Prabu Duryudana dan kesepuhan Korawa, yaitu Kombayana dan Patih Sakuni alias Kunting.

Dalam sidang itu, Prabu Duryodana mengkhawatirkan masa depannya. Prabu Duryodana menginginkan agar Gatotkaca jangan sampai mempunyai keturunan. Kekhawatiran Prabu Duryodana adalah supaya ia terlepas dari gangguan keturunanan Amarta khususnya anak Gatotkaca, sehingga Duryudana lestari dalam mengukuhi Negara Astina sampai anak cucu.

Kunting alias Sakuni juga memberikan usulan setaelah ditanya apa punya usulan. Patih Sakuni menyatakan, kalau hendak menyirnakan Gatotkaca yang tentu saja nantinya tidak mempunyai keturunan, maka sebaiknya sekalian saja Kurawa memulai Baratayuda. Kunting punya keyakinan, walaupun Pandawa adalah kekasih para Dewa, tetapi tetap saja punya kelemahan.

 

Tetapi Kombayana tidak setuju dengan Sakuni mengingat bakal terjadinya kerusakan akibat dari perang. Dikatakan oleh Kombayana, bahwa perang akan menjadikannya kedua belah pihak menanggung kerugian material. Perang juga berkibat akan merebaknya jumlah anak yatim dan juga janda perang.

Usulan Kumbayana adalah dengan akal saja untuk menyirnakan para Pandawa. Kombayana mengusulkan agar Batara Raksadewa menjelma menjadi Raden Arjuna. Kumbayana mengatakan bahwa di Negara Amarta saat ini, kebetulan Arjuna sedang pergi meninggalkan Amarta, sedang pergi mewirid ilmu ke Gatotkaca. Kesempatan ini digunakan untuk menjadikan Arjuna tiruan untuk membunuh Gatotkaca. Sebab disitu Gatotkaca akan melukar kere Antakusuma dan menjadikannya Gatotkaca mudah untuk ditikam dadanya. Tindakan selanjutnya Para Korawa akan menyebarkan berita nantinya bahwa Arjuna-lah yang membunuh Gatotkaca.

Setelah mereka sepakat untuk melakukan rencana itu, Prabu Baladewa datang menyusul ke tempat mereka melakukan persekongkolan. Ada apa yah Prabu Baladewa mendadak menemui mereka?

Mangga ah, seterusnya baraya sadayana kami persilakan untuk menikmati kiprah duet Ki

Asep dan Ki Endang dalam melakonkan Batara Partadewa, sekaligus mengungkap, siapakah sebenarnya Batara Partadewa dan siapa juga Batara Raksadewa.

Linknya audio MP3 anu dibikin leutik supados gampang diunduh. Mangga atuh akang diklik ajah disini

Atau disini

http://www.4shared.com/folder/CtSkOea1/Batara_Partadewa.html

 

Advertisements

2 thoughts on “Duet Ki Endang dan Ki Asep : Batara Partadewa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s