Sekilas tentang PPW Jawa Timur


Kebudayaan Daerah Jatim Dan Pembentukan Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) – Banyak hal menarik dari seni dan kebudayaan yang terdapat di propinsi Jawa Timur. Banyak kesenian khas yang menjadi ciri khas dari budaya yang terdapat di daerah Jawa Timur.

Propinsi yang ada di bagian timur pulau jawa ini memiliki banyak keunikan, diantaranya adalah kebudayaan dan adat istiadat dari di Jawa Timur.Seperti halnya seni wayang kulit juga sangat populer di kawasan ini.Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata Ma Hyang artinya menuju kepada yang maha esa, . Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Namun sayang, perlu adanya usaha untuk mempertahankan kesenian tersebut agar tidak di lupakan oleh generasi penerus.

Keprihatinan (akan dilupakan atau ditinggalkan generasi penerus kita) itulah maka dengan seadanya kami bermaksud membentuk Pengurus PPW Jawa Timu.

Pada hari minggu, 15 Mei 2011 jam 11.30 Alhamdulillah Mas Hendro Jatmiko jauh jauh dari Sidoarjo sudah datang dan turun dari Bus Pelita Indah (tepat turun di Pool Bus Pelita Indah Trenggalek).  sesampainya dirumah tinggal saya (Ali Mustofa) tanpa basa basi……istilahnya makan siang dan membuka apa isi paket TIKI yang dikirim Bapak Roni Subari…Matur nuwun paket Istimewa sudah kami terima dan tentunya ucapan banyak terima kasih kami haturkan kepada PPW Pusat yang ada di Bandung.

Undangan yang cukup mendadak melalui milis dan email serta SMS beberapa teman di wilayah Jawa Timur, membuat pertemuan ini cukup minimalis karena ternyata yang hadir cuma 4 orang saja, dan dari 4 orang tersebut disepakati bahwa telah terbentuk Pengurus PPW Jatim sebagai berikut :

1. Ketua : Ali Mustofa Trenggalek

2. Sekretaris : Aly Ihwanudin pemilik Radio Kurnia Fm Trenggalek

3. Bendahara : Hendro Jatmiko Sidoarjo Jawa timur

4. Humas : Deni Setiawan Blitar Jawa timur (dalang)

Kami berempat sepakat membahas Visi dan misi PPW Jatim , tujuan dan program khusus, yang kesemuannya semoga kami mampu emban walaupun berat.

Banyak kalangan tua pesimis dengan adanya PPW Jatim tapi semua ini tak membuat kami berkecil hati.

 

Demi melestarikan Budaya terutama Budaya Jawa maka kami PPW Jawa timur:

  • Berusaha untuk membentuk Team atau pengurus PPW Daerah Jawa timur.
  • Mencoba mengajak berbagai kalangan untuk ikut terlibat didalam PPW.
  • Mengajak unsur pelaku seni untuk ikut bergabung didalam PPW.

Tujuan atau misi kami PPW Jawa timur:

Visi  : Ikut melestarikan budaya,terutama Wayang sebagai budaya dunia dengan berbagai cara yang kongret.

Misi :

  • Meningkatkan popularitas wayang di kalangan muda.
  • Adanya kerja sama antara PPW dan para pelaku seni di Jawa timur
  • Progam digitalisasi Wayang Segera tercapai secara maksimal.

Progam khusus di PPW Jawa timur antara lain :

  • Progam digitalisasi
  • Mengumpulkan buku-buku Wayang gagrak Jawa timuran yang sudah tidak terbit lagidari percetakan untuk dokumentasi secara didigitalisasi.
  • Mengumpulkan koleksi Audio(Pita Kaset) dalang Jawa timuran untuk di konfert atau di Digitalisasi dengan tidak melanggar hak cipta Audio Recording.
  • Kerjasama saling menguntungkan antara PPW dan pelaku seni dalam rangka melestarikan Budaya Wayang Khususnya Gagrak Jawa timuran.
  • PPW Jawa Timur ikut memonitoring beredarnya VCD/DVD, ataupun MP3 Wayang Bajakan yang dimilikiWayan gprabu.com yang beredar di Jawa Timur untuk di tindak lanjuti sesuai dengan Hukum yang berlaku di indonesia.

PPW Jawa Timur adalah Organisasi Masyarakat non Profit yang menginduk  PPW Pusat sesuai dengan Progam PPW Pusat yang didirikan pada Tanggal 30 April 2011 di Bandung Jawa Barat.
Semua AD/RT sesuai dan mengacu dengan AD/ART PPW Pusat.

Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) di bentuk sebagai wujud kecintaan kita pada budaya negeri khususnya Wayang. Terdapat berbagai macam dari berbagai daerah.
Dan kami tidak membatasi pada satu jenis wayang maupun daerah tertentu. Dan sifat dari keikutsertaan dalam paguyuban ini adalah TERBUKA.

Advertisements

6 thoughts on “Sekilas tentang PPW Jawa Timur”

  1. Terima kasih sedherek-sedherek PPW Jawa Timur terutama untuk Pengurus Wilayah Jatim, minimalis kayaknya kok jadi menu utama jika untuk berkumpul, namun ya 4 bisa jadi pondasi, mudah-mudahan dimasa yang akan datang tdk minimalis lagi.

  2. Niat yang kuat serta tulus, semangat yang terpatri tuk mengabdi dan berbagi, diiringi dengan istiqomah serta tawakal kepada Gusti Allah, insya allah menjadi bekal yang cukup untuk bergerak maju dan berkembang.

    Selamat kepada Mas Ali Mustofa dkk atas terbentuknya pengurus PPW Jatim, mudah-mudahan berkah Tuhan selalu bersama kita.

  3. Selamat kepada mas ali mustofa.. selalu menjadi semangat perjuangan PPW dimanapun kita berada.
    Menjaga budaya dan meneruskan budya adi luhung kita,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s