Waldjinah “Ngelam-lami”


Terus terang akhir-akhir ini saya lagi jatuh cinta lagi sama Mbakyu Waldjinah. Nggak tahu ya kenapa. Kalau setiap hari di teve ngedengerin lagu-lagu pop sekarang, baik pop indonesia maupun barat, rasanya nggak ada sregnya. Beberapa kali denger mungkin agak enak, tapi setelah berulang kali jadi enek. Mungkin kuping saya yang ndeso kali ya he he he ….

Tapi begitu saya dengerin tembang-tembang lama Mbakyu Waldjinah, rasanya mak nyes …. adem tenan. Nyaman dirasa. Bahkan setelah diulang beberapa kali …. perasaan yang sama saya nikmati. Begitupun bila saya dengerin karawitan dari Mbah Narto misalnya. Nggak bosan-bosan.

Sebenarnya sudah cukup banyak sih tembang-tembang Jawa dan Nasional yang sudah saya share di blog saya yang lama. Oh ya sudah saya pindah ke yang baru ding. Sudah cukup lama nggak saya update.

Kembali ke Mbakyu Waljinah, untuk refreshing blog ini agar nggak jenuh mbahas konten wayang terus, saya tadi berfikir untuk menambahkan beberapa konten lain yang bukan wayang, semisal langgam jawa, degung sunda ataupun karawitan. Namun saya harus selektif dalam memilih yang patut di sharing.

Kalau koleksi yang paling saya suka sih misalnya Mbah Nartosabdho, Mbakyu Waldjinah, karawitan RRI Surakarta, Nji Tjondrolukito ataupun beberapa kawih lagu sunda seperti degung, kecapi suling. Mungkin baik juga ya nanti sekali-kali akan saya sharing sebagai hiburan alternatif. Kalau pengunjung suka, tentu lebih baik. Kalaupun nggak suka, ya anggap saja sebagai media referensi dan penyimpan data atau dapat juga diabaikan saja.

OK … untuk mengawali sharing tembang, langgam, kawih ataupun karawitan di blog ini akan saya sharing album Mbakyu Waldjinah bertitel “Ngelam-Lami”

Oh ya … file adalah dalam bentuk video MP4 yang saya simpan di youtube

WALDJINAH

NGELAM-LAMI

Diiringi Orkes Krontjong “BINTANG” pimpinan Budi Sajuti

LOKANANTA RECORDS

ARI-127

Tulisan di cover belakang PH

Ditengah-tengah kesibukan kemadjuan seni suara dan seni musik di TANAH AIR jang beraneka ragam, muntjullah djenis langgam Djawa, lagu2 langgam dengan tata nada dan gaja pembawaan jang mirip dengan tata nada gending2 Djawa. Djenis tersebut dewasa ini kelihatan mempunjai perkembangan dan kemadjuan pesat dengan penggemar jang kian banjak pula.

Dan ….

Diantara para biduan dan biduanita jang mengchususkan dirinja dalam membawakan lagu2 LANGGAM DJAWA, muntjul seorang biduanita dari Sala jang lebih dikenal dengan RATU KEMBANG KATJANG. Djulukan ini diterimanja beberapa tahun jang lalu dalam suatu perlombaan jang diadakan oleh Radio Republik Indonesia Surakarta. Kenjataannja hingga sekarang ia tetap dapat merpertahankan djulukan tsb. dalam prestasinja membawakan lagu Kembang Katjang. Baik resmi atau tidak resmi, ia adalah RATU KEMBANG KATJANG.

Dan ….

Kali ini dengan gembira kami dapat memenuhi keinginan para penggemarnja, menjadjikan sebuah album langgam Djawa chusus berisi suara emas dari WALDJINAH, diiringi ORKES KRONTJONG BINTANG pimpinan BUDI SAJUTI.

Dan ….

Untuk kesekian kali WALDJINAH dapat membuktikan, bahwa disamping djulukan RATU KEMBANG KATJANG, ia mampu menjadjikan lagu2 langgam Djawa lainnya dengan sempurna. Tentang kemurnian dan keindahan suaranja, akan kita nikmati apabila ia menjanjikan Tembang Motjopat  untuk BOWO, tiada dengan iringan musik. Dalam album ini, untuk lagu “Andum Basuki”, ia mempergunakan bowo Maskumambang, sedangkan untuk lagu “Dadi Ati”, bowonja: Megatruh. Kedua-duanja sangat kena.

Dan …..

Kita jang menikmati keindahan suaranja hanja dapat mengutjapkansepatah kata dengan serba pengertian:
“Aduuuuuuuuuuuuuh …………..”.

  1. Ngelam-Lami (Gesang)

  2. Andum Basuki (Gesang)

  3. Tangising Asmara (Walujo)

  4. Elinga Bebaja Marga (Ismanto)

  5. Dadi Ati (Gesang)

  6. Langensari (S. Darsih Kisowo)

Playlist di Youtube Bumi Prabu

Atau download Audionya saja di :

http://www.4shared.com/folder/zaoo1rGi/22_online.html

Advertisements

3 thoughts on “Waldjinah “Ngelam-lami””

  1. Ass… Mas Sugeng tepang Kalian kulo Edi Purnomo, Asli Palembang Awit Alit kulo pun remen kalian mbok Waljinah, namung kulo boten saget bosho jowo tur mboten ngertos lagu2ne mbok waljinah niku namung kulo pun seneng nopo malih lgm+kr nge riyen kulo nggeh gadah kaset2te namung sak niki pun bubrah sedoyo mass, trus kulo otak atik comptr ndalalah kepanggeh lagu2ne mbok waljinah langsung kulo download alhamdulliah sakniki kulo saget mirengke lagu2ne seng lawas2 / ngapunten geh mas sakestu kulo niki asli palembang nembe tigang taun saget boso jowo namung kulo mboten saget bosho, turene tiang sepah kulo niku saking purworedjo awit cilik pun nateh wonten palembang mas, mas semanten rumiyen bilih wonten klenta klentu atur kulo, nyuwun sih agunging samudro wass. Slm dari Palembang…

  2. Ass… Mas kulo niki tiang deso …. tapi kalo lagu2 mbok waljinah aku seneng banget kebetulan aku juga baru bisa otak atik comptr begitu ketemu webnya langsung aku dwld, terima kasih ya mas trus kalo masih ada tlg ya mas di Upld lagi Oh ya mas kalau boleh kenal yg coment diatas mas siapa ya… mtur nuwun

    1. Mas Edi, agar dapat berkumpul dengan saudara-saudara kita yang sedang nguri-uri kabudayan, Mas Edi kula aturi gabung wonten MIlis PPW njih. Nwn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s