QUIZ Wayang


Bagaimana ya supaya menarik minat pembaca untuk lebih peduli dan mencintai salah satu budaya nasional kita yaitu wayang ?

Jawabannya mungkin sederhana. Kemungkinan dapat dilakukan melalui tahap :

  • Mengenal (berdasarkan informasi yang diperoleh berbagai media),
  • Memahami (pembelajaran melalui baca, dengar, lihat dan berlabuh di pikiran),
  • Menikmati (Rasa sudah mulai tersentuh dan mulai enjoy mengarungi indahnya seni budaya),
  • Meneladani (Rasa dan tindakan mampu menyatu untuk meneladani nilai yang terkandung di dalamnya).

Saya katakan “mungkin” karena tidak setiap orang mempunyai pengalaman yang sama dalam melalui langkah-langkah dari awal hingga ujung. Bahkan banyak diantara kita sudah sampai pada tahap “memahami” namun kemudian langkahnya selalu tersendat untuk maju satu step ke depan. Atau yang paling menyedihkan bila langkah hanya mandek dan berpusing di langkah pertama saja. Tidak ada kemajuan sama sekali lantaran tidak dilandasi niat kuat untuk “memahami” dan mencintai budaya ini, yang ada hanya “sekedar” saja. Sekedar membaca karena tugas, sekedar download hanya untuk koleksi dan referensi atau sekedar ngumpulin materi untuk tujuan tertentu di luar niat memahami.

Langkah satu dan dua, mengenal dan memahami, dapat di “drive” oleh orang lain dengan bantuan berbagai cara atau media. Sementara langkah selanjutnya, menikmati dan meneladani, yang berperan dominan adalah diri sendiri serta dipengaruhi lingkungan sekitar.

Kalau dalam lingkup yang terbatas dan jelas seperti misalnya dalam sebuah kelas, maka pengenalan dan pemahaman akan mudah diukur melalui sejumlah metoda. Nah bagaimana kalau itu diterapkan dalam media online yang “peserta”-nya pun tidak pasti siapa, yang mana dan dimana.

Singkat kata, saya akan mengadakan QUIZ di blog ini dengan latar belakang dan tujuan seperti di uraikan di atas. Quiz akan saya usahakan hadir setiap hari dengan materi pertanyaan sesuai dengan kemampuan saya yang belum seberapa ini. Syukur-syukur nantinya ada yang mau membantu dengan memberikan Q & A (Questions & Answers) sehingga materi menjadi lebih komprehensif.

Bagaimana kriteria penilaian ? Kriterianya terdiri dari penilaian terhadap jawaban berupa :

  • Kebenaran dan kelengkapan jawaban
  • Jumlah jawaban dalam rentang waktu tertentu
  • Cepatnya memberi jawaban yang evidennya adalah nomor urut jawaban

Nilainya adalah total nilai dalam waktu tertentu misalnya dwi mingguan, sedangkan formulanya akan saya tentukan berikutnya.

Siapa pengikutnya ? Siapa saja yang berkunjung di blog ini.

Kapan waktunya ? Insya allah mulai besok akan diadakan PERIODE-1. Dan kalau responnya positif mungkin akan dilanjutkan.

Berapa lama rentang waktu penilaian ? Untuk kali pertama saya tetapkan dua minggu dengan jumlah pertanyaan satu setiap hari ataupun kalau ada halangan dibatasi dengan jumlah per hari satu pertanyaan.

Apa hadiahnya ? Nah ini yang menarik. Karena tidak ada sponsor di sini maka hadiah untuk sementara ini saya upayakan sendiri dan masih terkait dengan konten blog ini. Saya menawarkan hadiah 2 VCD lakon pagelaran wayang lengkap (copy) dan 3 keping DVD MP3 wayang sesuai permintaan (dan tentu yang sudah ada di blog dan yang saya punya). Lumayan lho, satu lakon pagelaran wayang rata-rata 6 VCD dan satu keping DVD bisa memuat sekitar 5 GB.

SETUJU KAH ?

7 thoughts on “QUIZ Wayang”

  1. Setuju, kangmas Prabu.
    Insya Allah saya akan ikut quiz ini.

    Sekedar saran saja, kecil, tapi mungkin penting.

    tentang kata “meneladani”,
    teladan = contoh.
    mencontohi = memberi contoh.
    jadi, meneladani = mencontohi = memberi teladan = memberi contoh.

    Kalau yang dimaksud meniru atau mencontoh, tentu yang tepat adalah meneladan, bukan meneladani.

    Matur nuwun,
    Bas.

  2. Wah setuju sanget mas prabu…
    insyaallah saya juga akan ikut quiz ini.siapa tahu aja menang vcd/dvd wayangnya.
    Kebetulan saya di Pekanbaru jadi kalo mau dengerin wayang hrs download dulu di i-net.
    Tapi apapun caranya saya tetep ikut nguri uri wayang lho.

  3. Bagus sekali. Cocok sekali terutama untuk mereka para generasi muda saat ini yang rata~rata kurang mengenali terhadap kebudayaannya sendiri yang adiluhung ini. Memprihatinkan memang. Tapi untung ada mas Prabu yang cerdas dan kreatip sekali. Salam sukses.

  4. saya pribadi setuju banget mas….
    saya seorang muda yang tertarik pada budaya wayang. Saya sendiri lahir dan dibearkan di Sumatera tapi ketika study di jawa tertarik dengan wayang.
    Saya setuju dengan quiz ini, saya bisa berguru pada teman-teman yang sudah senior

  5. Saya ada usul, untuk penilaian kecepatan response hendaknya ditiadakan dan semua jawaban masuk melalui bank data dulu dan tidak instant tampil dalam posting.
    Semua jawaban diunggah dalam waktu yang bersamaan sehingga memancing banyak peserta untuk menyampaikan versi dan perspektif masing masing secara panjang lebar sehingga setiap soal pertanyaan menghasilkan jawaban yang meluas dari berbagai sudut.
    Hal ini saya kemukakan mengingat urutan kedua dan seterusnya tidak akan leluasa menggelar wawasannya oleh sebab secara psikologis sudah terblokir idenya oleh peserta sebelumnya.
    Correct me if I wrong tapi lho

  6. OK setelah saya lihat di quiz pertama, memang tidak relevan untuk menilai dari point ketiga kriterian penilaian yaitu “Kecepatan Respon”. Oleh karenanya seperti usulan dari Pak Aris, maka kriteria ketiga dihapus sehingga hanya ada dua kriteria saja.

    Matur nuwun usulannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s