KHS Anoman Kembar


Di Negara Dwarawati Prabu Kresna menerima pisowanan anaknya Narakasura, raja Trajutisna, didampingi adiknya Samba, pamannya Raden Setyaki dan Patih Udawa.

Kemudian Narakasura menceritakan tentang wangsit yang baru saja diterimanya yaitu secara jelas dikabarkan bahwa Trajutisna akan mengalami kejayaan bila memperoleh Wahyu Cahyawacana. Oleh karenanyalah Narakasura meminta petunjuk kepada ayahnya, Prabu Kresna.

Kresna menjelaskan bahwa sepengetahuannya bahwa sebenarnya wahyu itu berdasarkan jangka dewa akan diberikan kepada Arjuna. Wahyu itu akan dipenuhi oleh tripakara, yang pada dasarnya adalah wujud penjelmaan dari Arjuna, Wara Sembadra dan Wara Srikandi.

Narakasura kemudian mendesak kepada ayahkan untuk membantunya dalam menggapai maksud memperoleh Wahyu Cahyawacana itu. Bahkan sempat mengancam apakah Prabu Kresna cinta kepada anaknya sendiri atau lebih cinta kepada Pandawa.

Kresna bimbang. Pilihan yang sulit bak makan buah simalakama. Akhirnya Kresna kemudian memutuska untuk membantu Narakasura dan mengesampingkan Pandawa.

NamunSetyaki dan patih Udawa mengingatkan bahwa pilihan Prabu Kresna berarti mengingkari janjinya kepada Pandawa yang akan selalu melindungi keselamatan dan kesejahteraan Pandawa.

Sudah mantab tekad Kresna untuk membantu anaknya, maka dikeluarkannyalah kedua pusaka andalannya yaitu Senjata Cakra dan Kembang Wijayakusuma.

Dan sesuai dengan kehendaknya maka tiba-tiba wujud senjata itu menghilang dan berganti rupa menjadi “Gatotkaca” dan “Begawan Mayangkara (Anoman)”.

Kemudian Gatotkaca dan Anoman jadi-jadian itu diperintahkan ke Madukara untuk “membawa” Wara Sembadra dan Wara Srikandi ke Dwarawati dengan mengatasnamakan perintah dirinya. Diingatkan juga kepada makhluk jadi-jadian itu untuk menghindari pertemuannya dengan yang aslinya.

“Itulah bukti cintaku padamu anakku” demikian ungkap Kresna kepada anaknya, Narakasura.

Sepeninggalan Gatotkaca dan Anoman palsu itu, Kresna kembali mengingatkan kepada semua yang hadir disitu untuk merahasiakan semua yang terjadi agar Pandawa tidak mengetahui.

Namun tidak lama kemudian tiba-tiba Batara Narada dan Batara Brahma turun ke arcapada dan langsung menemui Prabu Kresna. Narada menceritakan bahwa kahyangan tengah mengalami gonjang-ganjing, mengalami malapetaka yang akan bisa lepas dengan bantuan pusaka Prabu Kresna yaitu kembang Wijayakusuma dan senjata Cakra.

Prabu Kresna mengatakan bahwa kedua senjata pusakanya itu sekarang ini tidak berada ditangannya namun dia tidak mau memberitahukan sebabnya.

Sempat terjadi eyel-eyelan dan akhirnya kemudian Narakasura turun tangan dan mengusir Narada dan Brahma untuk pulang kembali ke kahyangan.

Masalah menjadi pelik.

Siapakah sebenarnya sosok yang datang barusan, apakah benar-benar dewa atau dewa palsu yang menyamar sebagai Narada dan Brahma ?

Silahkan nikmati pagelaran wayang oleh Ki Hadi Sugito dengan judul “Anoman Kembar

Catatan :

  • Dari sononya 1 lakon terdiri dari 15 file, file 2 s.d 16.
Advertisements

25 thoughts on “KHS Anoman Kembar”

  1. Terima kasih. Namun, file no 4 sulit sekali diunduh. Sudah saya coba berulangkali, belum juga berhasil. Mohon diperbaiki link-nya. Salam

  2. lakon anoman kembar ini sama persis dengan Subali Lena. Kaset nomor 1 hanya berisi uyon-uyon, wayangan mulai nomor 2. terima kasih.

  3. maaf salah komen.. yang sama dengan subali lena adalah anoman lahir. maaf beribu maaf…

    1. Mas Susilo download yag mana Mas, ambil passwordnya di File Password 4shared Milis PPW, dengan catatan gabung/daftar dulu Milis PPW, nanti juga banyak yang membantunya.

  4. Mas Roni, misalnya ya donlot anoman kembar ini. Pasword udah sy buka, terus langkah selanjutnya bagaimana?

    1. langkah selanjutnya, password dicopy pastekan ke kotak yang minta password ts. sebaiknya list password jika sudah dibuka di save ke txt atau notepad agar bisa dengan mudah jika diperlukan tinggal copy paste.

  5. Kagem Mas Prabu,
    Matur nuwun sanget dumateng sedoyo fasilitas ingkang sampung kula manfaatken kangge ngundhuh file “Wayang Ki Dhalang Hadisugito” (alm.). Kula termasuk pandemen berat (alm.) Ki Hadi Sugito, malah kaporo nek Ki (kenyung) Sutono Hadi Sugito saben tindak Jakarta mesti do nyek-nyek.

    1. Sami-sami Pak Narto, puniko awit saking kontribusi saking para sutresna sedaya
      mugi samangke saget tambah koleksi malih
      matur nuwun

  6. mas Prabu ndherek pitepangan . kulo asli kokap celak wates toyan. sampun dangu sanget kulo sowan mas prabu namung lewat internet.
    matur nuwun sanget kerinduan terhadap KHS terobati mas Prabu.
    Kulo salah satu penggemar berat KHS. Salam Pasedherekan

    1. Nuwun sewu Mas Y Djoko Soesilo, Salam tepang Mas, Monggo Mas, kula aturi gabung Milis PPW, supados saged ngregengaken. Nuwun

  7. Sugeng enjang Mas Prabu, nderek nepangaken kulo Mastris NS, aseli panjatan wates kulon progo, celak toyan ugi (dalemipun alm Ki Hadi Sugito), kulo remen midangetaken lan mirsani ringgit wacucal khususipun ingkang dipun asto dening alm. Ki Hadi Sugito. Saking remenipun ringgit wacucal romo kulo sampun kaping tiga anggenipun nanggap… Saklajengipun kulon nyuwun passwordipun kangge download mp3. Kaleresan kulon sampun gabung milis PPW, matur nuwun…

    1. koreksi sekedik mas tris, boso jawi ingkang leres punika mboten pikantuk kagem “mbasakke awake dewe”, contonipun : kulo remen midangetaken lan mirsani… ingkang leres : kulo remen mirengaken lan ningali. Tembung midangetaken lan mirsani punika kagem tiyang sanes. conto sanesipun : kulo tilem, bapak sare, lak sak piturutipun. Tembung romo kulo ugi klentu, ingkang leres : bapa kulo utawi bapak kulo. Tembung romo punika kagem tiyang sanes.
      nuwun.

    2. Mas Mastris NS (waaah kadospundi menika lajeng dobel Mas), nyuwun pangapunten, menawi sampun gabung Milis langkung prayogi menawi pamundhutipun lumantar milis PPW alamatipun : paguyuban_pecinta_wayang@yahoogroups.com ngiras panten pitepangan kaliyan para kadang PPW njih, namung saged ugi wonten nginggil (banner) radi tengen wonten Milis PPW dipun klik lajeng mangkeh pun padosi kemawon seratan file-file Password 4shared dipun klik. Ing mriku isinipun rupi-rupi password Mas. Monggo dipun cobi njih. Nwn

  8. matur nuwun Mas Budi Susilo… panci radi kirang lancar anggenipun boso jowo, ngapunten kathah klentunipun… nderek nepangaken nggih Mas

    1. Nuwun sewu Mas, Tdk ada niatan untuk menyulitkan download, akan tetapi kami hanya mengajak kepada setiap yang mau download ikut berpartisipasi untuk bertanggung jawab, Apa sulitnya mendapatkan password, maka dari itu mari kita gabung bersama-sama ikut menumbuhkan dan mengembangkan budaya wayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s