Babat Wanamarta


Wayang bukan hanya sekedar tontonan namun juga berfungsi sebagai tuntunan. Dengan menikmatinya kita dapat mencari hiburan sekaligus dapat mengambil suatu “nilai tambah” dari lakon yang dipagelarkan.

“Babat Wanamarta” ini adalah kisah tentang perjalanan sebuah negara baru. Diceritakan bagaimana Amarta dibangun dengan cara mem-babat hutan wanamarta. Betapa Pandawa yang telah selamat dari kelicikan Kurawa dan kemudian terlunta-lunta menyusuri hutan demi hutan, berkelana dari kampung ke kampung dengan tujuan untuk menghindari saudara tuanya Kurawa, akhirnya berlabuh di negri Wiratha.

Singkat cerita kemudian Pandhawa diberi hutan Wanawarta yang masih berwujud alas gung liwang liwung. Tidak hanya merupakan hutan lebat, Wanamarta adalah hutan yang terkenal keangkerannya. Tidak ada yang berani untuk memasukinya karena hutan itu menjadi “rumah” bagi para jin dan raksasa yang ganas.

Namun dengan keyakinan diri yang kuat serta semangat untuk membangun negara baru yang adalah masa depan mereka, akhirnya Pandawa mengawali membabat alas itu. Gangguan beraneka macam selalu muncul, cobaan dan derita tiada mengenal waktu. Dengan tabah Pandawa melalui semua itu sehingga kemudian lahirlah sebuah kerajaan baru yang mereka beri nama Amarta atau Indraprasta.

Silahkan ikuti kisahnya disini bersama Wo Sekar Budaya Nusantara

http://www.4shared.com/mp3/e5DZYciKce/02BABAD_WANAMARTA_1.html

http://www.4shared.com/mp3/1cfVv828ce/02BABAD_WANAMARTA_2.html

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s