Ki Hadi Sugito : Sadewa Reca


Cerita diawali dengan gonjang-ganjing kahyangan karena kedatangan Duryudana diiringi  oleh Panditha Dorna. Duryudana dan Dorna meminta mati saja dengan alasan bahwa Dewa sudah menentukan Kurawa akan mengalami kekalahan pada perang Baratayuda kelak. Disamping itu mereka mengeluh bahwa para dewa berlaku tidak adil terhadap mereka. Wahyu-wahyu yang diturunkan selalu Pandawa yang memperolehnya, sementara mereka tidak pernah memperoleh barang satupun.

Dan dengan kata-kata yang meyakinkan, pandita Dorna membeberkan beberapa fakta yang sebenarnya menyudutkan bahwa Pendawa justru menjadi tidak tahu diri dan memiliki kesombongan. Betapa Bima beserta anaknya, Ontoseno tidak memiliki tata susila terhadap sesama bahkan terhadap dewa sekalipun. Pun demikian halnya Wisanggeni, anak dari Arjuna. Ayah Wisanggeni, Arjuna, menurut penuturan Dorna juga pernah mengatakan kepadanya selaku gurunya, yang intinya  melecehkan para dewa atas “keberhasilannya” memperisitri beberapa batari. Bahkan, masih menurut Dorna, Arjuna mulai nglunjak dengan mengatakan bahwa seluruh batari di kahyangan, baik yang belum menikah maupun yang sudah, kalau Arjuna mau pasti bertekuk lutut kepadanya.

Batara Guru yang mendengar wadul Dorna, terpengaruh. Harga dirinya selaku penguasa di kahyangan merasa diinjak oleh seorang titah yang bernama Arjuna. Hingga keluarlah titahnya kepada Duryudana dan Dorna, supaya membawa Prabu Kresna dan Sadewa ke kahyangan untuk dihadapkan dan diajak rembukan.

Batara Narada yang mendengar perintha nyleneh dari atasannya Batara Guru, kemudian protes akan hal itu. Namun justru kemudian malah Batara Guru marah dan mengusir Batara Narada untuk melepas busana kaendran dan meninggalkan kahyangan.

Bagaimana kisah selanjutnya ?

4 thoughts on “Ki Hadi Sugito : Sadewa Reca”

  1. pak dhe, kulo download sadewa reca yang 7a lha kok tidak bisa..tulsanya “Link file yang Anda minta tidak berlaku.” ..lha npripun niku pak dhe?

    1. Mas Siswanto, mbok bilih jaringanipun pinuju kirang sae, cobi dipun ambali malih, menawi kepareng alamat e-mail panjenengan kula suwun e-mail kula roni.subari@yahoo.com, utawi saged sesambetan lumantar milis PPW. Nuwun

  2. sampun pak dhe, kulo bolan baleni akhire saged donlod..kadose jaringanipun kurang sae inggih pak dhe..
    matur nuwun sngat lho pak dhe!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s