Ki Hadi Sugito : Gatotkaca Sungging


Kembali Ki Hadi Sugito menmpilkan kish tentang Gatotkca dengan judul “Gatotkaca Sungging”.

Gambar diambil dari blog wayangku

Saya kutip sekils kisahnya dari MP-nya Supri

Lakon ini mengisahkan Raden Gatotkacaca yang berencana mendirikan sebuah kesatrian di Kerajaan Pringgondani yang merupakan warisan kekeknya Prabu Trembuku yang juga merupakan ayah dari Dewi Arimbi istri Raden Werkudara (bapak dari R. Gatotkaca). Dalam pembangunan ini terdapat beberapa sandungan oleh ketidaksetujuan pihak Astina yang dilakukan oleh prabu.Wasawala yang dihasut oleh Begawan Durna. Karena prabu Wasawala ini siung nya merupakan titisan prabu Dasamuka dari kerajaan Alengka, maka kesaktianya bertambah sehingga Raden Antareja dan Raden Gatotkaca kalah dalam peperangan dan menjadi hangus (koma).

Dengan keadaan putranya yang sedang koma, Dewi Arimbi sangat sedih, namun kesedihan itu trobati setalah Semar yang merupakan pamongnya Pandawa memberi tahu bahwa keadaan Raden Antareja dan Gatotkaca dapat disembuhkan dengan wasiat slendang yang merupakan tinggalan dari prabu Trembuku yang ternyata dimiliki oleh Arimbi. Akhir cerita dikalahkanya prabu Wasawala yang sangat sakti, ternyata mempunyai kelemahan kalau berperang dengan monyet putih, oleh karena itu Prabu Wasawala kalah berperang dengan Raden Hanoman.

Pagelaran wayangnya silahkn nikmati disini

Advertisements

5 thoughts on “Ki Hadi Sugito : Gatotkaca Sungging”

  1. Nyuwun sewu, sinopsis cerita gatotkaca sungging di atas kok berbeda dengan isi cerita dalam Lakon Gatotkaca Sungging oleh Ki Hadi Sugito.

    Dalam Lakon Gatotkaca Sungging oleh KHS, yg jadi tokoh jahat sakti bernama Resi Nilayaksa, dengan ajian semburgeni. Gatotkaca yg luka parah oleh ajian sembur geni ditolong oleh Prabu Baladewa dan dibawa ke Pertapaan Kendalisada, yang kemudian diobati oleh Resi Mayangkara alias Anoman.

    Sedangkan dlm sinopsis di atas, disebutkan tokoh antagonisnya bernama Prabu Wasawala. Yang mengobati Gatotkaca ibunya sendiri yaitu Dewi Arimbi.

    Pripun niki kok sajak dereng mirengaken isinipun kaset?

    Kurang lebihnya mohon maaf.

    1. Nggih matur nuwun
      pancen leres kula kathah ingkang dereng sempat menikmati sedaya koleksi
      sakjane ngih kula pengin setiap lakon wonten tulisane saget berupa sinopsis utawi pembahasan kualitas audio, dalang, cerita dll. Naging nuwun sewu kula mboten sempat kabujeng kejar tayang.
      Mbok menawi wonten ingkang kersa paring sinopsis setiap lakon mangke langsung kula update supados langkung sae
      nyuwun ngapunten
      matur nuwun

  2. sekedar masukan saja, supaya lebih afdol, karena pagelaran Gatotkaca Sungging oleh KHS ini merupakan gagrag Yogyakarta, alangkah bagusnya jika illustrasinya jg menggunakan gambar wayang gagrag Yogyakarta.

    Jika Mas Prabu tidak memilikinya, saya ada link Gatotkaca gaya Yogya, yg saya dapatkan dari internet juga yang kemudian sy upload ulang. Mudah2an dipertimbangkan utk bisa dimanfaatkan.
    ini link-nya:
    gatotkaca

    Maturnuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s