Ki Hadi Sugito : Abimanyu Ranjap


Khairun naasi anfa’uhum linnaas.” Sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain.

Sabda Nabi Muhammad saw di atas, awalnya menjadi pijakan dan pendorong saya untuk berbagi dalam blog ini, disamping tentu saja bertujuan lain seperti meluaskan silaturahmi, encourage kemampuan diri serta pembelajaran diri.

Orang tua saya dulu sering berujar petuah sederhana “Le … tangan ning duwur ki luwih apik tinimbang tangan ning ngisor”. Bapak ibu tidak perlu ngomong terlalu sering hal itu, karena mereka berdua hanya memberikan teladan. Sepanjang hidup beliau berdua, yang saya tahu, tiada pernah saya dengar keluhan dan upaya untuk meminta-minta kepada saudara lain walaupun saya tahu bahwa begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Bayangkan, hanya dengan gaji pensiunan tentaranya Bapak, mereka berdua harus sanggup membesarkan Sembilan anak dan memberikan bekal yang terbaik bagi anak-anaknya.

Dan yang saya tahu, disela keterbatasan itu Bapak dan Ibu selalu mengulurkan tangan bagi yang tengah dirundung musibah, memberi bantuan sekedarnya bagi yang tengah dilanda susah. Dan saat kami sangat membutuhkan jalan keluar terhadap suatu permasalahan, solusi selalu ada, Allah swt begitu baik kepada kami.

Hari Sabtu kemarin saya memperoleh kiriman 2 keping dvd berisi mp3 lakon wayang oleh almarhum Ki Hadi Sugito. Si Pengirim wanti-wanti untuk tidak mencantumkan namanya nanti saat saya unggah dan sharing koleksi itu. Dan tentu saja saya harus menghormati permintaannya.

Pagelaran wayang itu ada 15 judul sebagai berikut :

  1. Abimanyu Ranjap
  2. Arimba Gugur
  3. Gatotkaca Gugur
  4. Gatotkaca Suci
  5. Gatotkaca Kembar
  6. Gatotkaca Sungging
  7. Karno Tanding
  8. Ontoseno Ngraman
  9. Sadewa Reca
  10. Sengkuni Tundhung
  11. Subali Lena
  12. Wahyu Dewandaru
  13. Wahyu Godho Inten
  14. Wahyu Senopati
  15. Wahyu Slogo Himo

Setelah saya cek ternyata hanya “Wahyu Slogo Himo” yang telah ada di wayangprabu. Jadi saya mempunyai kewajiban untuk mengunggah 14 judul lainnya.

OK saya mulai saja dengan sharing yang pertama adalah lakon “Abimanyu Ranjap”. Lakon ini adalah salah satu episode dalam perang Baratayudha, dimana Abimanyu, anak Arjuna, gugur secara mengenaskan dalam pertempuran.

Bagaimana adegan menjelang, saat dan setelah tubuh Abimanyu “dihiasi” ribuan anak panah disekujur tubuhnya ? Silahkan nikmati saja disini

Advertisements

10 thoughts on “Ki Hadi Sugito : Abimanyu Ranjap”

  1. Kulonguwun

    wah, matur nuwun sanget. Ditunggu ya upload file lakon2 yg lain itu. tapi yg lakon ramayana kok cuma satu ya, Subali Lena.
    Tapi, bagaimanapun juga tetap matur nuwun.

  2. Matur Nuwun,
    Kita mengucapkan terima kasih kepada orang yang menolong/membantu kita, itu adalah hal yang wajar.
    Nah, bagaimana kalau kita mencoba juga untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang kita bantu?
    Ternyata terasa nikmat juga, waktu saya mencobanya.

    Mengapa kita berterima kasih kepada orang yang kita bantu? Karena mereka memberi kesempatan sehingga kita dapat berbuat baik; atau memberi kesempatan supaya tangan kita bisa berada di atas.

    Salam,
    Bas

  3. Sugeng Pinanggi, poro sedherek …

    Kadang, hal kecil bagi kita, begitu bernilai besar bagi orang lain.

    saya rasakan ketika saya menemukan pakdhe pranowo -dengan blognya- yang sampai saat ini begitu intens ‘menolong orang lain’ dengan wayangnya dari berbagai dalang.
    ehm, kenangan semasa kecil terlintas bermunculan di benak ketika mendengar wayang. Lengkap dengan setting pada waktu itu.
    Mungkin blog ini nilainya begitu kecil bagi yang kagungan, namun begitu bermakna bagi saya.

    semoga, dengan memberi/menyediakan yang sedikit ini akan mendapat ganti yang luar biasa bagi pakdhe Pranowo.
    Bukankah pula ketika saat memberi, saat itu pula telah menerima…

    Mugi pakdhe Pranowo sekeluarga tansah pinanggih karaharjan, nir ing sambekolo…
    amien,

  4. Matur nuwun kangge sedaya ingkang sampun mampir wonten posting ini …

    sebenarnya kata kuncinya adalah “istiqomah” atau bahasa kromone konsistensi … :)
    bagaimana bila kita dalam kebaikan selalu konsisten untuk selalu menjaga agar hal itu tetap melingkupi dan mengiringi kita
    bagaimana bila di hati yang sudah tertanam “semangat” untuk maju” terus dijaga kobarnya agar tidak padam nyalanya
    bagaimana bila niat kita yang sudah benar, dipelihara untuk tetap fokus pada tujuan … tidak berbelok, tidak mampir-mampir dan jauh dari mundur ke belakang
    namun sungguh manusiawi bila alpa, lupa, bosan, jenuh selalu singgah di hati …
    biarkan itu sekilas saja … namun jangan biarkan terlalu lama singgah di hati … apa lagi bila menetap di perilaku kita ….

    nyambung nggak ya untuk menanggapi komen ? :)

  5. mas..nek saged sing lampahan karno tanding ingkang dalang ki hadi sugito.mbo dipun uplod,,kulo dereng gadah,,suwun,,

    ___
    Siip sampun kulo unggah sesuai request
    matur nuwun

  6. wah matur nuwun sanget mas..

    sebuah harta yang tidak ternilai harganya, bisa terus dekat di hari setiap orang..

    memang batas kemampuan hanya dapat mengunduh yg gratis.. sedih juga kalo mengingat seharusnya keluarga almarhum mendapat royalti dari setiap pendengarnya (yg membeli kaset).

    saat ini hanya bisa berjanji, kalo nanti saya sudah mampu, pasti akan saya beli kaset2 itu.. sebagai koleksi..

    sekali lagi, terimakasih bagi mas prabu dan rekan2 yang sudah mengupload wayang dlm bentuk mp3, dan terimakasih buat keluarga ki hadi sugito yang merelakan mp3 ini beredar di kalangan penggemarnya..

  7. Mas Prabu, kulo matur nuwun sanget sampun saged download wayang Abuimanyu Ranjab, ananging wonten saperangan track ingkang mboten saged inggih puniko nomor 1b kalian no 7a, Kadosipun linkingipun mboten pas. Matur nuwun saking wigatosipun, mugi mbenjang sampun saget kawulo download.
    Nuwun

  8. Alhamdulilah, saat ini saya sudah dapat mengunduh lakon ini dengan lengkap dan sempurna (16 file). Sebelum ini saya mengalami kesulitan download karena hanya pakai hp saja ternyata sulit bahkan tidak bisa sama sekali. Saya senang dengan gagrak Yogya karena enak didengarkan terutama suluk dalangnya dan irama gamelannya yang begitu rancak dan ngrangin (merdu) sehingga perasaan menjadi trenyuh dan hanyut dibuatnya. Matur nuwun kepada Mas Prabu yang telah berkenan paring hiburan adiluhung yang tak ternilai ini.

    1. Sebenarnya kalaupun menggunakan HP namun spek modemnya sudah 3G dan didaerahnya memperoleh BTS yang 3G juga, lumayan juga kok kecepatan aksesnya. Saat di rumah saya menggunakan juga Flash Telkomsel untuk mengunggah file MP3 dan video ke youtube, dapat juga meskipun memang agak lama. Nuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s