Ki Narto Sabdho; Sastro Jendroyuningrat (Alap2 Sukesi)


Waktu itu saya ketemu dengan mas Bramantyo, dia menitipkan satu lakon wayang purwa dari Ki Narto sabdho…..sayang karena adanya pindahan rumah besar-besaran, kaset beliau pada ketlisut dan hanya ketemu nomer 1, 2, 3, 6 dan 8. Kaset nomer 1 hanya saya convert 1B saja karena 1A hanya gending2 pambuka, no 4, 5 dan 7 belum ketemu….Eh…tidak sengaja tadi malam sekitar jam 2.30 dini hari (Minggu 12 Juli 2009) saya puter2 radio ada satu studio resmi Jakarta menyiarkan lakon ini…eh ini kebetulan, langsung saya sambung dengan computer dan langsung saya ripping untuk jadi file mp3…..sayang hanya dapat nomer 7A dan 7B. Mungkin ada sedulur2 yang punya lakon ini silahkan kalau mau nyumbang untuk yang nomer 4 dan 5……ditunggu.

wy-begawan-wisrawa

Ringkasan Cerita:

Cerita ini dapat juga disebut sebagai cerita Alap-alap Sukesi atau lahirnya Rahwana sampai Sarpakenaka. Merupakan petikan babad Lokapala yang di dalamnya mengandung mutiara yang sangat berharga. Kerajaan Lokapala pada waktu itu diperintah oleh Danaraja atau Danapati yang belum mempunyai permaisuri. Karena itu ia ingin memasuki sayembara perang melawan Jambu Mangli kemenakan Prabu Sumali Raja dari negara Alengka yang kalau menang dapat mempersunting Dewi Sukesi putri Sumali Raja. Sebelum Danapati berangkat, ayahnya yang bernama Begawan atau Resi Wisrawa datang, menyanggupkan diri menyelesaikan persoalan tersebut karena Sumali raja adalah teman baik dari Wisrawa.

Pada waktu yang bersamaan, Prabu Wisamarta dari Negara Madiantara juga melawat ke Alengka dengan maksud yang sama. Di tengah jalan, wadia bala Madiantara terlibat perang dengan balatentara Lokapala yang menjaga wilayahnya. Sehingga, wadia Madiantara mengambil jalan yang lain, akhirnya Wisamarta kalah dengan Jambu Mangli. Dalam perjalanan ke Alengka, Begawan Wisrawa bertemu dengan Prabu Partakusuma dari Medanggiri. Setelah diketahui maksud masing2 yang tunggal tujuan, terjadilah perang, akhirnya Partakusuma lari. Mengingat betapa berat bahaya yang dihadapi Negara Alengka, maka oleh Sumali Raja Sukesi disyogakan untuk menerima pinangan dari salah satu di antara para raja yang telah melamarnya. Dalam hal ini, Sukesi menyatakan bahwa ia hanya mau menikah dengan seorang yang dapat membeberkan wedaran Sastra Jendra Yuningrat Pangruwating Diyu. Kemudian datanglah Wisrawa dan terbukti Wisrawa dapat memenuhi persyaratan Sukesi. Karena peristiwa tersebut, menurut Hyang Guru …Wisrawa harus menerima pameleh (bhs. Jawa). Hyang Guru manunggal dengan Wisrawa dan Dewi Uma dengan Sukesi. Karenanya Sukesi jatuh hati pada Wisrawa walaupun berulang diingatkan bahwa Wisrawa adalah calon mertuanya.

Syahdan, Bagaimana klimaks dari Lakon ini, Bagaimana pula jalan yang ditempuh oleh Danapati terhadap orang tuanya?

Silahkan file audionya dapat diambil Di sini

 

Update terakhir new upload : 29032014

http://www.4shared.com/folder/K1TIfxpI/23_online.html

Jumlah File : 12 File

 

Advertisements

21 thoughts on “Ki Narto Sabdho; Sastro Jendroyuningrat (Alap2 Sukesi)”

  1. nyuwun sewu mas Waluyo…ingkang sampun kulo aturaken bilih file no 4a, 4b, 5a dan 5b tasih kestlisut…lha mas Bram-ipun sakmeniko sampun wangsul Kaltim….mungkin nembe habis lebaran……atau kita tunggu aja sharing teman-teman.

  2. Nyuwun pangapunten mas Eko…..nomer 4 lan 5 dari sumbernya gak ada kasetnya (ketlisut)….ya…sabar aja mas ditunggu sharing dari sederek2…..sakjane no. 4 isinya jejer tanah sabrang lan perang gagal, no. 5 lanjutan dan setengah goro-goro….dan intinya di no. 6, 7 dan 8….
    Matur nuwun kawigatosanipun

  3. Inggih Mas, kula rantos kanthi sabar,…..lampahan punika kagem kula wigatos sanget awit sakpunika kula nembe nyerat telaah naskah “Serat Lokapala”, lha,.. ing saklebetipun serat punika wonten bab ingkang ngrembag falsafah “sastrajendra hayuningrat” punika,…sejatosipun bab falsafahipun saking P Narto ing lampahan punika sampun cekap, ingkang dereng namung urutan cariosipun,…dereng nges menawi dereng lengkap, nuwun.

  4. Nyuwun sewu mas Eko lan mas Prihanto

    File no 4 dan 5 dereng wonten nyuwun kesabaranipun. Menawi selak keseso kulo aturi sesambetan kaliyan mas Masto Mas….piyambakipun kagungan….sumonggo menawi bade kontak…nomer telponipun saget kapanggih wonten Comment ing Ki Narto sabdho. Matur nuwun awit kawigatosanipun

  5. 4share lagi masalah, Mas? Saben download kok putus. Kula nyobi dateng situs lintunipun 4share boten menapa-napa.

  6. sastro jendro hayuningrat pangruwating dyu itu jinah

    jinah.. jinah…dan jinah

    dari orang yang tidak amanah

    disuruh nglamar malah diembat sendiri

    ngembat anak orang sampai bunting tanpa nikah itu namanya jinah

  7. sastro jendro joyoningrat pangruwating dyu matek aji mugo kang murbing dumadi paring kesadan marang iro kang akeh duso lan mawi salah keliru nglampahi gesang kang sarwo kathah gudo.

  8. wah niki mpun bakdo lebaran meh bodo kurban jare, pripun file 4 & 5 . selak gatel niki kupinge. menawi wonten file ingkang kirang ngirangi joss. nuwun den prabu,…………

  9. situse panjenengan kok kathah nggih den. mrono mrene wonten panjenengan wah dawah kaleresan mboten usah pindah chanel, …… ( He he he )
    suwun lho den dalem ngunduh file den prabu cok nyenggol cok mboten …………( he he he )

  10. Ditenggo kemawon mangke kulo upload ingkang komplit malih…..sampun wonten sumbangan dari mas Mustafa (Citayam-Depok)….

    1. Maksudnya video KNS ?
      wah jaman dulu masih sangat jarang videonya …
      mungkin hanya sedikit yang punya … sudah menjadi koleksi langka dan patut menjadi barang berharga
      maaf saya nggak punya

  11. Kangmas, ….. sudah sekian lama kok tidak segera dilengkapi serial 4 dan 5 ????? Apa kelalen apa nglali ????

    Hayo …. ntar malah jadi Resi Wisrawa ????

    Ha ha ha …. guyon2 ….

    Salam

    1. nyuwun sewu mas Agus Dalang….kaset2 tersebut pemberian dari mas Bramantyo (tinggal di Kalbar)….seandainya anda pingin lengkapnya silahkan ambil lakon Dasamuka Lahir (Sastrajendrayuningrat). Lakon ini tada ada bedanya sedikitpun dgn lakon yang kurang ini….mungkin karena beda produsen lakon dibedakan…intinya sama….persis…baik gending atau antawecana….

      Nuwun

      1. Pambagya basuki kula aturaken konjuk dumateng kakangmas Edy Listanto.
        Mas kalau boleh, saya pingin tahu data mengenai kapan (tahun) kaset tersebut diproduksi dan oleh produser mana ya…

        1. Saya kemarin melakukan penelitian ttg Sastrajendra Hayuningrat pangruwating Diyu, berdasarkan isi rekaman ini (lakon Alap-alap Sukesi) tapi kemudian saya diminta supaya mencantumkan “data material” mengenai rekaman tersebut.

  12. matur nuwun kulo saget mirengaken sastrojendro hayuningrat, nanging ingkang nomer 4a, 4b, 5a lan 5b kok boten wonten nggih bopo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s