MP3 Wayang Ki Manteb Soedharsono


manteb-sudharsono-new

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ki Manteb Soedharsono (lahir: Sukoharjo, 1948) adalah seorang dalang wayang kulit ternama yang dari Jawa Tengah. Karena keterampilannya dalam memainkan wayang, ia pun dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan. Ia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Saat ini Ki Manteb berdomisili di Dusun Sekiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Masa Muda

Manteb Soedharsono adalah putra seorang dalang pula, bernama Ki Hardjo Brahim. Ia dilahirkan di desa Jatimalang, Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada tanggal 31 Agustus 1948.

Ki Hardjo Brahim adalah seniman tulen yang tidak memiliki pekerjaan lain kecuali mendalang. Manteb sebagai putra pertama dididik dengan keras agar bisa menjadi dalang tulen seperti dirinya. Ki Hardjo sering mengajak Manteb ikut mendalang ketika ia mengadakan pertunjukan.

Sementara itu, ibu Manteb yang juga seorang seniman, penabuh gamelan, lebih suka jika putranya itu memiliki pekerjaan sampingan. Itulah sebabnya, Manteb pun disekolahkan di STM Manahan, Sala. Namun sejak kecil Manteb sudah laris sebagai dalang sehingga pendidikannya pun terbengkalai. Akhirnya, ia memutuskan untuk berhenti sekolah demi untuk mendalami karier mendalang.

Menemukan Identitas

Untuk meningkatkan keahliannya, Manteb banyak belajar kepada para dalang senior, misalnya kepada dalang legendaris Ki Narto Sabdo pada tahun 1972, dan kepada Ki Sudarman Gondodarsono yang ahli sabet, pada tahun 1974.

Pada tahun 70 dan 80-an, dunia pedalangan wayang kulit dikuasai oleh Ki Narto Sabdo dan Ki Anom Suroto. Ki Manteb berusaha keras menemukan jati diri untuk bisa tetap eksis dalam kariernya. Jika Ki Narto mahir dalam seni dramatisasi, sedangkan Ki Anom mahir dalam olah suara, maka Ki Manteb memilih untuk mendalami seni menggerakkan wayang, atau yang disebut dengan istilah sabet.

Ki Manteb mengaku hobi menonton film kung fu yang dibintangi Bruce Lee dan Jackie Chan, untuk kemudian diterapkan dalam pedalangan. Untuk mendukung keindahan sabet yang dimainkannya, Ki Manteb pun membawa peralatan musik modern ke atas pentas, misalnya tambur, biola, terompet, ataupun simbal. Pada awalnya hal ini banyak mengundang kritik dari para dalang senior. Namun tidak sedikit pula yang mendukung inovasi Ki Manteb.

Keahlian Ki Manteb dalam olah sabet tidak hanya sekadar adegan bertarung saja, namun juga meliputi adegan menari, sedih, gembira, terkejut, mengantuk, dan sebagainya. Selain itu ia juga menciptakan adegan flashback yang sebelumnya hanya dikenal dalam dunia perfilman dan karya sastra saja. Ia berpendapat jika ingin menjadi dalang sabet yang mahir, maka harus bisa membuat wayang dengan tangannya sendiri.

Mendapat Popularitas

Ki Manteb mulai mendalang sejak kecil. Namun, popularitasnya sebagai seniman tingkat nasional mulai diperhitungkan publik sejak ia menggelar pertunjukan Banjaran Bima sebulan sekali selama setahun penuh di Jakarta pada tahun 1987.

Ketika Ki Narto Sabdo meninggal dunia tahun 1985, seorang penggemar beratnya bernama Soedharko Prawiroyudo merasa sangat kehilangan. Soedharko kemudian bertemu murid Ki Narto, yaitu Ki Manteb yang dianggap memiliki beberapa kemiripan dengan gurunya itu. Ki Manteb pun diundang untuk mendalang dalam acara khitanan putra Soedharko.

Sejak itu, hubungan Sudarko dengan Ki Manteb semakin akrab. Sudarko pun bertindak sebagai promotor pergelaran rutin Banjaran Bima di Jakarta yang dipentaskan oleh Ki Manteb. Pergelaran tersebut diselenggarakan setiap bulan sebanyak 12 episode sejak kelahiran sampai kematian Bima, tokoh Pandawa..

Ki Manteb mengaku, Banjaran Bima merupakan tonggak bersejarah dalam hidupnya. Sejak itu namanya semakin terkenal. Bahkan, pada tahun 90-an, tingkat popularitasnya telah melebihi Ki Anom Suroto, yang juga menjadi kakak angkatnya.

Manajemen Keuangan

Selain gaya pedalangan yang atraktif, Ki Manteb juga dikenal sebagai pelopor dalam hal manajemen keuangan. Honor hasil pentas tidak dihabiskan langsung, melainkan dikelola oleh istrinya, Sri Suwarni (wafat: 2005) yang bertindak sebagai manajer.

Ki Manteb memiliki banyak kru dalam setiap pementasannya. Ia juga membutuhkan biaya perawatan untuk armada dan peralatan mendalangnya. Untuk itu diperlukan manajemen yang baik agar tidak mengulangi pengalaman buruk para dalang lainnya, misalnya semasa muda hidup berlimpah karena laris, namun setelah tua menderita kekurangan.

Prestasi

  1. Pada tahun 1982 Ki Manteb menjadi juara Pakeliran Padat se-Surakarta. Prestasi tersebut membuat namanya mulai menanjak.
  2. Pada awal tahun 1998 Ki Manteb menngelar pertunjukkan kolosal di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah, dengan lakon Rama Tambak. Pergelaran yang sukses ini mendapat dukungan dari pakar wayang STSI.
  3. Pada tahun 2004 Ki Manteb memecahkan rekor MURI mendalang selama 24 jam 28 menit tanpa istirahat.

Pranala luar

Referensi

  • Seno Subro & Komar Abbas. 1994. Ki Manteb Dalang Setan. Surakarta: Yayasan Resi Tujuh Satu

Berikut MP3 wayang dari KI Manteb Sudharsono :

  1. Babad Wanamarta
  2. Bimo Suci
  3. Gatotkaca Gugur
  4. Kresno Gugah
  5. Dewi Sri Boyong
  6. Sesaji Rajasurya

Selamat menikmati !!

 

Update Terakhir : 02042014

  1. Babad Wanamarta :
    http://www.4shared.com/folder/8r5Wl9Td/011.html
  2. Bimo Suci :
    http://www.4shared.com/folder/Tlmf5bdp/013.html
  3. Dewi Sri Boyong :
    http://www.4shared.com/folder/A8lOH__O/016.html
  4. Sesaji Rajasurya :
    http://www.4shared.com/folder/flXPpsqu/029.html

 

Advertisements

19 thoughts on “MP3 Wayang Ki Manteb Soedharsono”

  1. matur suwun kang wayangipun klo bisa koleksi terbarunya ditambah…..

    ____
    Siip lah … Sering saja di tengok, sewaktu-waktu saja sudah upload langsung saya link-an
    Matur nuwun

  2. Matur suwun sanget mas… panjenengan memang sip….

    kulo pados wayang niku bingung… tapi ketemu blog panjenengan.. wuh…

    nemu lintang tibo kasarane…

    salam….

    _____
    asal mboten ketiban lintang tenanan :)
    Matur nuwun

  3. apabila Bapak Manteb mengetahui adanya forum ini apa mungkin ya beliau mau mendonorkan koleksi VCD pementasannya untuk diupload ?. kalau dari perkiraan saya insya Allah beliau mau….. Amin…

  4. maturnuwun mas,…saya tdk salah melihat media yg penuh dg kebudayaan bangsa…..saya pemuda siap mendukung dan melestarikan dunia wayang di radio saya, sebelum diambil alih oleh bangsa lain……jaya dan sukses buat mas pranowo budi salam kenal

  5. om prabu..salut sanget, panjenengan tumut melestarikan budaya wayang yang meruoakan aset kaliber bangsa….kulo tumut downlod.mtur nwun sanget.

  6. Kagem Mas Prabu,…..matur suwun MP3 wayang puniko dados klagenan kulo wonten negoro Jepang nawi bobok, nuwun

  7. mohon maaf sebelumnya, saya suka mendengarkan wayang kulit bolehkan saya diberitahu cara downloadnya, matur nuwun pak prabu

  8. wekdal kawulo badhe ngunduh, kok medal tulisan kados mekaten njih ” Anda harus memasukkan sandi untuk mengakses folder ini”. Punika kado pundi? Matur sembah nuwun

  9. Sejatosipun kathah sanget rekaman studio ringgit KMS, nanging namung sekedhik sanget ingkang dipun unggah. Malah rekaman pagelaran live ingkang dipun unggah. Ing mangka rekaman studio langkung sekeca dipun mirengaken tinimbang live.

  10. sampun dangu anggen kulo madosi Rekaman Pagelaran Ki Manteb Sudarsono ingkang Lampahan Dewa Ruci. Mbok menawi wonten seng nggadah, monggo dipun unggah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s