Asep Sunandar Sunarya


Dalang Wayang Golek Inovatif

Asep Sunandar Sunarya Asep, yang lebih dikenal dengan panggilan Asep Sunarya, dalang wayang golek yang menciptakan si Cepot. Wayang yang rahang bawahnya bisa digerak-gerakkan jika berbicara, juga dapat merentangkan busur dan melepaskan anak panah, tanpa bantuan tangan dalang. Dengan karyanya itu, dia pantas disebut sebagai pendobrak jagat wayang golek di Indonesia.

Selain si Cepot, wayang denawa atau raksasa juga dibuat sedemikian rupa, sehingga otak kepalanya bisa terburai berantakan ketika dihantam gada lawannya.

 Asep SBY

Dia dipuji dan juga dikritik dengan karya terobosannya itu. Namun, kritikan itu makin emacu semangat dan kreativitasnya. Keuletannya membuahkan hasil, namanya semakin populer. Terutama setelah Asep meraih juara dalang pinilih I Jawa Barat pada 1978 dan 1982. Kemudian paada 1985, ia  meraih juara umum dalang tingkat Jawa Barat dan memboyong Bokor Kencana.

Pengakuan atas kehandalan dan kreativitasnya mendalang, bukan saja datang dari masyarakat Jawa Barat dan Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. Dia pernah menjadi dosen luar biasa di Institut International De La Marionnete di Charleville Prancis. Dari institut itu dia mendapat gelar profesor.

Asep Sunarya lahir 3 September 1955 di Kampung Jelengkong, Kecamatan Baleendah, 25 km arah selatan Kota Bandung. Bernama kecil Sukana, anak ketujuh dari tiga belas bersaudara keluarga Abah Sunarya yang dikenal sebagai dalang legendaris di tanah Pasundan.

Sejak kecil, terutama sesudah remaja, ia sudah berambisi menjadi dalang. Makanya, setamat SMP, ia mengikuti pendidikan pedalangan di RRI Bandung. Meski ayahnya seorang dalang legendaris di kampungnya, Asep memilih belajar  dalang dari Cecep Supriadi di Karawang.

Berbeda dengan pendahulunya yang mendalang tempat-tempat tertentu saja, Asep justru tekun mensosialisasikan wayang golek yang inovatif ke kampus-kampus, hotel-hotel, gedung-gedung mewah dan televisi. Upayanya membuahkan hasil. Wayang golek populer di berbagai tempat. Penampilannya yang selalu menarik perhatian mengundang decak kagum penonton baik anak muda maupun orang tua.

Popularitas dalang yang telah menikah lima kali dan mempunyai sembilan anak ini pun semakin tinggi. Tidak saja dia diundang pentas mendalang di dalam negeri, tetapi juga di berbagai kota di Benua Asia, Amerika dan Eropa. e-ti/tsl

 Asep

Nama:
Asep Sunandar Sunarya
Nama Populer:
Asep Sunarya
Nama Kecil:
Sukana
Lahir:
Kampung Jelengkong, Kecamatan Baleendah, Jawa Barat, 3 September 1955
Ayah:
Abah Sunarya

Pendidikan:
Pendidikan pedalangan di RRI Bandung

Profesi:
– Dalang wayang Golek

Karya,al:
– Wayang golek si Cepot
– Wayang Denawa

Prestasi:
– Juara dalang pinilih I Jawa Barat pada 1978 dan 1982
– Juara umum dalang tingkat Jawa Barat dan memboyong Bokor Kencana pada 1985

Kegiatan Lain:
Guru Besar luar biasa di Institut International De La Marionnete di Charleville Prancis


Sumber : http://www.tokohindonesia.com/ensiklopedi/a/asep-sunarya/index.shtml

5 thoughts on “Asep Sunandar Sunarya”

  1. Asep Sunarya ….. da uing mah nyahona ngaran eta. Tapi untungwe teu ditambahan gelarna jadi raden, sabab loba dalang biasa nu tungtungna nambah gelar jadi RADEN.

    Bawiraos sim kuring, Kang Asep teh termasuk Revolusioner, bisa ngarubah tradisi hiburan nu ampir kalindih ku dangdut jeung organ tunggal jadi hiburan yang menyenangkan. Pon kitu kuring oge, lalajo wayang mun dalangna lain asep sunarya … wah rarasaan mah camplang jang…….. asa nguah euweuh bukuran……

    Tapi omat kedah aya oge dalang atanapi bagian sanes nu tetep dinapakemna. sabab penciptaan wayang itu memiliki misi dan wayang telah ada sebelum Hindu masuk ke Indonesia.

  2. pa asep,,saya penggemar berat pa asap,,teruslah menciptakan inovasi2 dalam pagelaran wayang golek sehingga seni tradisi ini bisa disukai semua kalangan tua maupun muda,,bravo giri harja 3

  3. salut ka pa asep sunandar sunarya, elmuna agama sareng padalangan jero pisan dukatah sabaraha kilometer jerona ,pokona jero pisan ,acung jempol buat pa asep,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s