Ki Hadi Sugito : Karno Tandhing


Lakon “Karno Tandhing” sudah ada di blog ini dibawakan oleh Ki Nartosabdho dan Ki Anom Suroto. Namun tidak ada salahnya bila kita menikmati Ki Hadi Sugito membawakannya.

Siapa yang menjadi lawan Arjuna di perang Baratayudha di pihak kurawa ? Hanya satu nama yang seimbang, yaitu Karna.

Sedemikian besar keinginan Karna untuk melawan Arjuna yang telah menjadi “musuh abadi”nya di sepanjang hidupnya, sehingga pertempuran antara kedua satria yang lahir dari rahim seorang ibu negara “Kunthi” tidak dapat dielakan.

Walau dendam begitu menggumpal di dada Karna, namun sejatinya di sudut hati terselip rasa sayang kepada adik seibu berlainan ayah itu. Sebenarnyalah ada terselip rasa simpati kepada perjuangan pandawa karena darahnya sangat dekat dengan mereka. Namun jiwa satria dan ucap janji setia kepada Duryudana telah terlepas dan itulah yang membelenggunya. Sebagai seorang satria pantang baginya menelan ludah sendiri, mengingkari janji setia.

Walau tangisan sang ibu Kunti, yang memintanya untuk membatalkan bertarung dengan adiknya sendiri begitu menusuk hatinya. Walaupun hatinya perih menahan keinginan untuk rebah dalam dekapan ibu dan saudara-saudaranya, jiwa satrianya sungguh tidak tergoyah. Matanya tetap memancar ketegaran walau menahan haru dan pilu.

Perseteruan yang mengharu biru antara hati nurani dan sikap hidup seorang satria utama.

Begitupun halnya dengan Prabu Salya, raja Mandraka. Sikap bertolak belakang dengan kemauan. Kedudukannya serba salah. Dua putrinya menjadi istri dari Kurawa dan pendukungnya. Banuwati menjadi istri Duryudana, Surtikanti menjadi istri Karna.

Sementara Salya-pun begitu mengasihi para pandawa, terutama si kembar Nakula-Sadewa yang adalah keponakan-keponakannya, aAnak-anak dari Madrim, adiknya. Salya begitu mengasihi si kembar sedari kecil, begitu menaruh kasihan akan nasibnya yang telah kehilangan ayah dan ibunya. Dan dia selaku uwa-nya malah justru berpihak sebagai lawan.

Oh … betapa sungguh menyesakan sandiwara di dunia ini …

Namun perang harus tetap berlangsung terus …

Dahsyatnya pertempuran antara Senapati Arjuna yang dikusiri Kresna melawan Senapati Karna dengan kusir mertuanya, Salya … sudah di depan mata …..

Kini Karna menemui tandingannya

Maaf audio saya sharing sesuai yang saya peroleh dari sang pengirim. Sepertinya bagian 2a, 2b, 8a dan 8b belum ada. Semoga nanti dapat disusulkan

About these ads

11 thoughts on “Ki Hadi Sugito : Karno Tandhing”

  1. Nuwun sewu,

    File 2a.mp3 lan 2b.mp3 punopo dereng dipun “upload”?
    Nuwun,
    Bas

    ____
    Saking ingkang maringi mp3 dereng
    mugi mangke dilengkapi menawi sampun wonten
    matur nuwun

  2. Sugeng tepang Mas Prabu matur nuwun audionipun niku wayang kulit lakon korno tanding dalang ki hadi sugito nggih nywun tulung dipun lengkapi

  3. MAS ITU DI RRI YOGYAKARTA ADA LEBIH DARI RATUSAN KASET REKAMAN PENTAS WAYANG DI SASANA HINGGIL DARI DALANG SELURUH YOGYA JATENG DIJAMIN ADA, COBA NJENEGAN MELOBI, SAYA YAKIN PIHAK RRI AKAN MERESPON POSITIF

  4. ma kasih atas wayang wayangnnya yg oke banget…kulo tenggo file yg belum lengkap…kulo sadermo nunot ngombe dateng blog puniko…beberapa judul ada paswordnya…welah dalah…mati aku ra iso donlod..ra ngerti carane..gaptek…anangin wes cukup lumayan iso ngundoh seng gratisan…maturnuwon sanget….

  5. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s