Filosofi kisah Ramayana


rama_yogyasinta_solorahwana_cirebon1

Secara garis besar konon kisah wayang Ramayana itu menunjukan bahwa manusia itu harus bergelut dengan dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum mencapai pencerahan atau mendapatkan wahyu. Disini penggambaran itu di gambarkan sebagai berikut.

Rama digambarkan sebagai satria, sang diri atau pancer.

Shinta digambarkan sebagai wahyu atau pencerahan yang harus dicari atau dicapai.

Rahwana digambarkan sebagai sang nafsu merah yang mencuri perhatian dan waktu satria sehingga menjauhkan manusia dari pencapaian wahyu. Penuh dengan amarah dan nafsu memiliki yang membuat manusia menjauh dari pencapaian.

Sarpakenaka digambarkan sebagai sang nafsu hitam yang digambarkan getol mendukung sang nafsu merah dan merintangi manusia dari pencapaian pencerahan. Penuh dengan nafsu kejahatan dan pelampiasan.

Kumbakarna digambarkan sebagai nafsu kuning yang berusaha untuk menggunakan logika dalam berpikir, dan ahirnya walau mengetahui kebenaran tetap teguh membela apa yang dirasa benar. Tapi kadang kala justru merintangi pencarian karena merasa perlu menjaga apa yang “menurutnya” benar.

Wibisana dan Hanoman digambarkan sebagai nafsu putih yang terkalahkan dan menyingkir menyeberang jalan untuk bersatu dengan diri pribadi memerangi ke 3 nafsu tersebut.

Jalanya cerita juga jelas dimulai dari pencurian shinta oleh rahwana sebagai bentuk dari pencurian kesadaran manusia oleh emosi dan nafsu merah. Dimana sering dalam keadaan kita emosi maka sangat sulit mempertahankan kesadaran. Emosi adalah simbol rahwana yang selalu siap nyolong shinta, kesadaran kita.

Kemudian sadarlah sang diri, yang kemudian atas bantuan hanoman mencari sang shinta yang kemudian bersatu dengan wibisana ketika berjalan ke Alengka. Disini ditunjukan bahwa sang diri harus mendekat dan percaya kepada sifat putih yang ada dalam diri masing masing.

Dan terjadilah perang yang kemudian berujung pada kalahnya Kumbakarna, Sarpakenaka, dan Rahwana. Kumbakarna kalah dengan tangan dan kaki terpotong, menghadapi nafsu kuning kita harus bisa memotong “angan-angan” yang menjadi lambang kaki tangan Kumbakarna.
Matinya Sarpakenaka karena kerisnya sendiri. Disini bisa diberi arti bahwa seharusnya kita menyadari bahwa semua perbuatan jahat itu merusak. Dengan menyadari akan keburukan diri maka kita akan insyaf. Keinsyafan sebab mau merenung dan menyadari itu dianggap sebagai keris sarpakenaka.

Terahir kita akan berhadapan dengan Rahwana yang punya dasa, sepuluh wajah dan kepala. Lambang begitu banyak alasan yang kita ungkapkan untuk menunjang pembelaan diri kita. dimana di putus satu akan tumbuh lagi lainya. hanya memutuskan semuanya maka sang Rahwana akan gugur. dan Shinta sang wahyu kembali ke pangkuan sang diri.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=572193

About these ads

5 thoughts on “Filosofi kisah Ramayana”

  1. Aku sih seneng mbanget dadi 10muka artinya kan bisa berubah jadi mas ram nanging sayang hati lan watak iku ora bisa utawa angel dirubah yo tetep wae kathon yen jati dirine dasamuka. mulane dadi wong kuwi yo kudu nrimo watak sing diparingi gusti, kabeh mau wis dadi skenarione shang yang wenang arep dikapake. yo wis nrimo ing pandum kabeh mau wis ono produsere.
    ning iki cerito sing apik bisa kudu dadi conto wong urip, apo maneh ing jaman saiki arane jaman edan. matur nuwun mas semoga ditayangkan commentku iki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s